Lagi, Komplotan Din Minimi Ditembak Mati

Penyisiran kelompok bersenjata di Aceh
Sumber :
  • ANTARA/Rahmad

VIVA.co.id - Seorang anggota komplotan Din Minimi dilaporkan tewas usai baku tembak dengan tim gabungan TNI dan Polri, Senin dini hari, 25 Mei 2015. Aksi penangkapan yang dilakukan di Kabupaten Pidie, Aceh itu juga berhasil mengamankan dua anggota komplotan ini.

Partai Aceh: Bendera Bintang Bulan Tak Langgar Hukum

Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi mengatakan, baku tembak itu terjadi saat petugas mendapatkan informasi akan ada aksi kriminal yang akan dilakukan komplotan Din Minimi di salah satu SPBU di Desa Blang Malu Kecamatan Mutiara Timur, Pidie.

"Saat disergap, terjadi kontak senjata. Satu pelaku berusaha kabur dan ditembak. Sementara dua lainnya ditangkap," ujar Husein di Aceh, Senin, 25 Mei 2015.

Eks Petinggi GAM Kibarkan Bendera Bulan Bintang di Saudi

Sejauh ini, pasca upaya penangkapan terhadap komplotan Din Minimi, aparat gabungan telah berhsil menangkap 23 orang. Sisanya, sekitar 26 orang lagi masih dalam proses pengejaran.

"Komplotan ini dianggap paling bertanggungjawab atas serangkaian aksi kekerasan bersenjata dan penculikan serta tewasnya dua anggota TNI Kodim Aceh Utara," ujarnya menambahkan.

Ketua Pecahan Kelompok Din Minimi Ditembak Mati

Ia menghimbau, agar seluruh anggota komplotan yang sudah terindentifikasi untuk menyerahkan diri. Saat ini, bersama dua pelaku diamankan barang bukti berupa sepucuk senjata api jenis AK-56 dan magazine berikut 30 butir amunisi. Serta satu unit kendaraan roda empat dengan nomor polisi BL 1100 PB dan dua buah telepon seluler.

Arman Konadi/Banda Aceh

Tim Gegana Polres Aceh Timur mengevakuasi temuan bom dengan bobot 10 kilogram, Rabu (10/8/2016). Diduga bom yang tertimbun di dalam tanah ini adalah sisa konflik Aceh bertahun-tahun lalu.

Bom Rakitan 10 Kg Sisa Konflik Aceh Ditemukan

Ditemukan terkubur dalam tanah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016