Malaysia Temukan 139 Kuburan Diyakini Berisi Ratusan Migran

Anak migran Rohingya yang ditampung di Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya
- Kepala polisi Malaysia, Jenderal Khalid Abu Bakar, Senin, 25 Mei 2015, mengatakan 139 kuburan yang diyakini berisi jasad migran, ditemukan dekat perbatasan Malaysia dengan Thailand.

Inggris Kirim Tiga Kapal Perang Angkut Heli ke Turki

Khalid yang dikutip
Tokoh Rohingya Sanjung Keramahan Warga Aceh Utara
Reuters , menyebut pada beberapa kuburan terdapat lebih dari satu jasad. Lebih dari 100 kuburan itu ditemukan pada 28 kamp pedagang manusia, sekitar 500 meter dari perbatasan.


"Pada operasi yang telah kita lakukan dari 11 Mei hingga 23 Mei, ditemukan 139 yang kita yakini sebagai kuburan. Tim pertama petugas kami telah tiba pagi ini, untuk mengeluarkan jasad," kata Khalid.


Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, mengatakan polisi Malaysia menemukan kuburan dan kamp-kamp pedagang manusia, di kota-kota dan desa yang berbatasan dengan Thailand.


"Ini masih dalam penyelidikan," kata Hamidi di Kuala Lumpur, menjawab pertanyaan dengan jumlah total jasad migran yang ditemukan.


Sedikitnya 30 makam yang ditemukan, disebut berukuran besar. Laman Star, Minggu, 24 Mei 2015, menyebut hampir 100 jenazah ditemukan hanya dalam satu makam, pada Jumat, 22 Mei lalu.


"Ini penemuan awal dan saya kira jumlahnya akan lebih dari itu," kata Hamidi.


Dia menambahkan, kamp-kamp ditemukan dalam wilayah Kian Intan dan desa-desa dekat perbatasan. "Saya duga kamp-kamp itu telah beroperasi, setidaknya selama lima tahun," ucapnya.


Dia mengatakan dari penemuan itu, diyakini ada orang-orang Malaysia yang terlibat dalam perdagangan manusia. Wilayah utara Malaysia menjadi rute penyelundupan migran dari Myanmar ke Asia Tenggara.


Para penyelundup juga menggunakan Thailand selatan, sehingga polisi meyakini ada keterkaitan antara kuburan massal yang ditemukan di Thailand, awal Mei lalu, dengan kuburan di Malaysia.


Ada 26 jenasah ditemukan dari kuburan di provinsi Songkhla, Thailand, dekat perbatasan dengan Malaysia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya