Kembangkan Produk Makanan Halal, Italia Minta Bantuan RI

Kuliner halal di Singapura.
Sumber :
  • http://www.direktori-wisata.com
VIVA.co.id
Zona Pariwisata Halal Makin dapat Tempat di Indonesia
- Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad, mengatakan, pemerintah Italia meminta bantuan Indonesia untuk membangun sistem produk halal yang akan diterapkan di negara tersebut. 

Indonesia Bakal Punya Pelabuhan Syariah
Semakin berkembangnya bisnis makanan berlabel halal, salah satunya karena peningkatan jumlah umat muslim di negara tersebut. Kondisi itu mendorong pemerintah dan otoritas terkait, lebih dalam memahami kriteria produk makanan yang dihalalkan dalam Islam.   

Mencicip Sensasi Makanan Ala Italia di Pastis Kitchen
"Satu yang menurut saya membanggakan, ketika mereka meminta bantuan kami membangun suatu sistem dan bisnis halal makanan," ujar Muliaman di Palangkaraya, Kalimantan Selatan, Senin, 25 Mei 2015.

Muliaman memaparkan, bimbingan yang diberikan Indonesia dimulai dari semakin ditingkatkannya diskusi antarulama kedua negara. Minimal, pemahaman akan produk halal dapat dipahami secara utuh oleh ulama setempat dan dikaji bersama pemerintahnya untuk dijadikan aturan baku. 

Selain Italia, menurut dia, bisnis makanan halal juga terus dikembangkan di beberapa negara, salah satunya Jepang. Pemerintah di Negeri Sakura itu, juga semakin memperjelas aturan produk halal yang beredar di masyarakatnya. 

"Dulu kita kalau ke Jepang cari makanan yang halal itu susah, makanya sekarang sudah gampang. Pemerintah Jepang juga sudah welcome dengan umat Muslim, misalnya ada musala di bandara dan tempat-tempat umum," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya