Gara-gara Isu Beras Plastik, Penjualan Beras Eceran Turun

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan, beredarnya isu beras plastik membuat penjualan beras eceran di pasar menurun hingga 30 persen.

UI dan IPB Dinilai Relatif Independen Uji Beras Plastik

Menurut dia, konsumen saat ini cenderung ragu dan lebih banyak bertanya untuk memastikan apakah beras yang akan dijual bukan beras palsu.

"Pembelian beras eceran di pasar menurun sampai 30 persen, misalnya 1 ton habis, tapi sekarang hanya 700 kg. Itu pun dengan pembeli harus nanya-nanya dulu sebelum belinya, ya buat minta keyakinan kalau beras itu tidak ada beras plastiknya," kata Ngadiran dalam diskusi bertajuk Kejahatan Beras Sintetis, di Double Tree by Hilton Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu, 23 Mei 2015.

Keamanan Pangan Jadi PR Besar Pemerintah

Dia menjelaskan, penjualan beras eceran masih tetap berjalan, tetapi tidak seperti biasanya. ''Misalnya orang beli beras biasanya 10 liter, sekarang hanya tiga liter," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, bukan hanya konsumen, penjual juga dirugikan akibat isu beredarnya beras plastik. "Wong cilik sudah susah, ditambah susah lagi. Jadi benar atau tidaknya kasus beras plastik ini, semua orang sudah dirugikan," ujarnya. "Dari kasus ini, kami dibuat sadar bahwa perlu ketelitian dan kecerdasan bagi kami dalam membeli dan mengkonsumsi makanan," ujar Ngadiran.

Aceh Dipastikan Aman dari Beras Palsu

Dia berharap, pemerintah segera menyelesaikan kasus ini dan melakukan pengawasan beras lebih ekstra. ''Jika terbukti benar beras ini impor dari China, berarti pemerintah kecolongan untuk hal ini. Peraturan soal pengawasan sudah bagus, tapi pelaksanaannya belum."

(mus)

sorot beras plastik

Ingat Heboh Beras Plastik, Ini Update Kasusnya

Penyebar isu beras plastik itu ternyata masih diuber polisi.

img_title
VIVA.co.id
2 November 2015