DKI Jakarta Mulai Proses Pembangunan Sirkuit Internasional

Komplek sirkuit Ebisu di Prefektur Fukushima, Jepang
Sumber :
  • Clubhondaspirit
VIVA.co.id
Pole Position di MotoGP AS, Marquez Catat Rekor
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta punya rencana besar demi memajukan olahraga otomotif nasional. Ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan membangun sirkuit bertaraf Internasional.

Sean Gelael Sebut Pemilihan Ban Kunci Kemenangan GP2

Wacana ini muncul setelah Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menerima David Garcia, pemilik International Circuito de Almeria, beberapa hari yang lalu. Rencananya, sirkuit tersebut akan dibangun di dekat bandara Soekarno Hatta.
Terpilih Jadi Ketua IMI, Ini Harapan Sadikin Aksa


Hal ini dipertegas oleh Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Pemprov DKI Jakarta, Zainal Sulaiman. Dia mengakui, sirkuit tersebut diproyeksikan dibangun di Cengkareng, Jakarta Barat.


"Kami sedang berkoordinasi karena kemungkinan ada pihak yang membiayai," ungkap Kadisorda DKI Jakarta, Zainal Sulaiman, kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Jumat 22 Mei 2015.


"Saat ini, Jakpro (PT. Jakarta Propertindo) dan dinas terkait tengah melakukan pemantauan. Diharapkan nantinya luas lahan memenuhi standar sirkuit internasional," ia menambahkan.


Sebelumnya, dilaporkan ada beberapa perusahaan yang ingin membantu pembangunan sirkuit ini nantinya. Mereka akan membiayai pembangunan melalui mekanisme corporate social responsibility (CSR) dan pensponsoran.


Sementara itu, Zainal mengatakan bahwa pihaknya berusaha untuk segera membangun sirkuit tersebut. Harapannya, lintasan anyar itu bisa dipergunakan untuk mendukung rencana menghadirkan MotoGP ke Indonesia, 2017 mendatang. "Mudah-mudahan dua tahun ini bisa selesai. Jadi bisa dipakai buat itu (MotoGP)," kata Zainal.


Seperti diberitakan, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata sedang melakukan penjajakan kerja sama dengan Dorna SL, selaku penyelenggara MotoGP. Pemerintah berambisi menggelar MotoGP 2017 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya