DPRD DKI: Segera Tambah Marka Jalan di Jakarta

TransJakarta tabrak marka jalan di Pramuka
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhanu

VIVA.co.id - Masalah lalu lintas di wilayah DKI Jakarta selalu menjadi salah satu fokus perhatian bagi pemerintah yang dinilai sulit untuk diselesaikan. Salah satu pokok permasalahannya adalah minimnya marka jalan yang ada. Padahal, Jakarta sebagai kota metropolitan, sangat bergantung kepada ketersediaan marka jalan, untuk sarana lalu lintas tersebut.

Ini Titik Rawan Kecelakaan di Tol Cikampek

Karenanya, hal ini pun menjadi sorotan pula oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta yang membidangi Transportasi dan Perhubungan dari Fraksi PKS, Nasrullah.

Menurut Nasrullah, banyaknya jalanan yang minim marka disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara pihak kontraktor yang membangun jalan raya dan Pemrov DKI, yang dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan (Dishub).

Kecelakaan KM 21 Tol Cikampek Paling Mengerikan 2 Bulan Ini

“Adanya marka jalan sangat membantu ketertiban berlalu-lintas. Kalau yang terjadi saat ini minim, tentu karena kurangnya koordinasi antara pemborong dan Dishub,” ujar pria yang juga Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta tersebut.

Selain itu, Nasrullah juga menganggap, bahwa marka jalan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Karenanya, perlu koordinasi antara Dishub dan pihak terkait lainnya.

Remaja Tewas Terlindas Truk di Penjaringan

“Yang sudah tertutup aspal dan hilang, agar dapat segera diperbaiki, dan dibuatkan marka di ruas-ruas jalan yang terlihat dengan baik oleh pengendara,” lanjut Nasrullah.

Ia juga berpendapat, dibutuhkan disiplin pengguna jalan dalam menekan risiko kecelakaan.

“Percuma kalau ada marka jalan, tapi pengguna kendaraan semaunya, tanpa memperhatikan aturan,” tutup Nasrullah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya