Dirut Mandiri: Pasang Target Pertumbuhan Jangan Ketinggian

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan pemerintah hendaknya memasang target pertumbuhan ekonomi sesuai dengan kondisi yang ada. 

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016
Sebab, jika tidak tercapai akan memengaruhi negatif terhadap tingkat kepercayaan publik. Harapan publik yang terlalu tinggi bahwa pemerintah dapat pencapai target tersebut, sangat memengaruhi iklim usaha.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
"Kalau pasang target terlalu tinggi akan memengaruhi kepercayaan publik. Kalau tidak tercapai, publik akan kecewa," ujar Budi di Jakarta, Kamis 7 Mei 2015.

Meskipun ada pelemahan di awal tahun, Budi berpendapat, pertumbuhan Indonesia hingga akhir tahun masih bisa di atas lima persen. Apalagi, gejolak ekonomi masih lebih baik ketimbang krisis 2008. 

Namun, untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah sebesar 5,7 persen, membutuhkan kerja yang sangat keras dari semua pihak.

"Karena, perlambatan pasti terjadi," tambahnya. 

Pemerintah juga diminta untuk tidak terlalu mengakselerasi pertumbuhan, karena perlambatan ini. Sebab, hal itu malah akan berdampak negatif pada stabilitas ekonomi. 

"Hati-hati tapi optimis, sekarang memang lambat, tetapi jangan jor-joran bisa terlalu tumbuh. Kalau dibandingkan 2008, sekarang masih lebih baik," kata Budi.  (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya