Berapa Umur Karet Wiper pada Mobil? Ini Jawabannya

Sumber :
  • Autoevolution
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Cuaca buruk saat berkendara tentunya dapat mengganggu jarak pandang ketika Anda tengah mengendarai mobil. Lantaran memiliki risiko terjadinya kecelakaan, hal ini tentu wajib diperhatikan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Untuk mendapatkan jarak pandang yang baik dengan kondisi cuaca yang buruk, pengendara harus memperhatikan kaca depan yang bersih dan kondisi wiper yang prima. Sebab, wiper merupakan komponen wajib untuk membersihkan kaca.
Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan


Bagian yang sering terlupakan oleh pengendara adalah umur pakai wiper. Hal ini seharusnya lebih diperhatikan, karena batas umur wiper sangat memengaruhi jarak pandang.


Menurut Direktur PT Trans Oto Internasional, selaku pemegang merek bengkel One Station, Andry Ciu, penggantian wiper sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali.


"Untuk penggantian karet Wiper seharusnya itu enam sampai tujuh bulan sudah harus diganti karetnya. Sebab, di ukuran segitu, jika digunakan karet wiper tak maksimal lagi," kata Andry Ciu kepada
VIVA.co.id
.


Lebih jauh Andry mengatakan, jika karet wiper sudah berumur enam-tujuh bulan, biasanya sudah mengeras dan tentu dapat merusak kaca mobil, serta mengganggu penglihatan.


"Kalau ditemukan kaca baret-baret ya karena itu, karet sudah lama dan mengeras. Tentu tak akan maksimal fungsinya saat digunakan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya