Sidang Kesaksian Mary Jane Kemungkinan Diundur

Aksi protes warga Filipina meminta pengampunan bagi terpidana mati Mary Jane Veloso beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
DPR Bantah 10 WNI Tahanan Abu Sayyaf Barter dengan Mary Jane
- Sidang pengadilan untuk mendengar kesaksian terhadap terpidana mati asal Filipina Mary Jane Fiesta Veloso pada Jumat, 8 Mei 2015, berkemungkinan dimundurkan dari jadwal. Hingga Rabu 6 Mei, respons Pemerintah Filipina perihal kepastian jadwal belum ditanggapi.

Terpidana Mati Mary Jane Dapat Kado Ulang Tahun dari Anaknya

“Belum ada surat balasan dari Filipina. Jadi kemungkinan sidang akan diundur,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Tony Spontana di Gedung Kejaksaan Agung Jalan Sultan Hasanudin Jakarta Selatan, Rabu, 6 Mei 2015.
Fokus Pembangunan, Eksekusi Mati Tahap Ketiga Ditunda


Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menawarkan dua opsi kepada Pemerintah Filipina untuk menghadirkan kesaksian Mary Jane di persidangan. Opsi pertama ialah mendatangkan penyidik Filipina ke Indonesia dan memeriksa Mary sehingga kesaksiannya akan diberikan secara tertulis. Sedang opsi kedua ialah menggunakan
video conference.


Kedua opsi ini ditawarkan lantaran Kejaksaan Agung tidak dapat menyanggupi permintaan Pemerintah Filipina untuk menghadirkan Mary di Filipina.


Secara informal, Pemerintah Filipina tertarik untuk menggunakan kedua ospi tersebut, namun surat balasan resminya belum diterima pihak Kejaksaan hingga saat ini. Pihak Kejaksaan Agung  belum dapat mengkonfirmasi kapan sidang akan digelar di Filipina karena hingga saat ini, mereka masih menunggu surat resmi dari Filipina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya