Transmisi Matik Wagon R Mirip Mobil Mewah, Seperti Apakah?

Suzuki Karimun Wagon R AGS
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Setelah lama dinanti, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya menghadirkan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) Karimun Wagon R dengan transmisi matik. Mobil ini ditanami teknologi Auto Gear Shift (AGS).

Menurut Davy J Tuilan, 4W Deputi Managing Director PT SIS, disematkannya teknologi AGS  menjadikan Karimun Wagon R menjadi mobil pertama LCGC yang  mengusung teknologi dengan dua perpindahan gigi yakni matik dan manual.

Cari Diskon Mobil Suzuki? Berikut Daftarnya

"Ini (AGS) betul-betul serasa manual, bukan semi-semi otomatis, digeber gigi satu atau gigi dua tetep tidak berubah," kata Davy kepada wartawan saat acara media tes drive di kawasan Jakarta Selatan.

Dengan mengaplikasikan sistem transmisi AGS, kata Davy, mobil ini lebih mudah, praktis dan meningkatkan kenyamanan berkendara terutama saat menghadapi kemacetan lalu lintas di perkotaan. "Ini seperti mobil mewah," klaim Davy.

Tak bisa dirombak

Ratusan Mobil di Diler Suzuki Dijarah, Bangunan Dibakar

Kehadiran transmisi AGS pun menimbulkan pertanyaan, apakah teknologi buatan Suzuki ini bisa diterapkan pada Karimun Wagon R model terdahulu yang masih disematkan transmisi manual?

Menurut 4W Marketing Director PT SIS, Makmur, sayangnya para pemilik Karimun Wagon R model terdahulu dengan transmisi manual tak bisa menyematkan teknologi AGS ini.

"AGS itu satu set transmisinya. Casing berbeda, sistemnya berbeda, susunan gigi juga berbeda, yang pasti gear set-nya juga beda. Jadi tidak bisa dilakukan hal itu," tegas Makmur.

Kendati demikian, transmisi AGS yang akan diluncurkan pada pertengahan Mei 2015 ini akan dibenamkan pada seluruh line-up Karimun Wagon R mulai dari tipe GL, GX, GS dan Dilago.

Soal harga, mobil transmisi AGS naik sebesar Rp8 juta, yakni mulai dibandrol Rp113 juta (GL AGS), Rp120 juta (GX AGS), Rp121,5 juta (GS AGS) dan Rp122 juta (Dilago AGS). Semuanya dijual dengan status on the Road Jakarta.

Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016