6 Tanda Pasangan Pintar Mengelola Uang

Ilustrasi pasangan di kafe
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Mengetahui seseorang itu pintar mengatur uang sebenarnya tidak sulit. Apalagi, bila yang bersangkutan adalah pasangan Anda. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Bahkan dari sikap dan perilaku kesehariannya Anda bisa menebak dengan jitu apakah pasangan Anda saat ini bisa diandalkan dalam hal mengelola uang, atau malah tidak bisa sama sekali.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos


Maklum, saat masih pacaran Anda tentu tidak keberatan bila kekasih royal mengeluarkan uang untuk makan atau nonton.

Tapi, mari berpikir lebih jauh lagi, bila sudah berkeluarga, kondisi sehari-hari pastinya akan jauh berbeda, karena banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kebutuhan itu [mohon masukkan: [ 3 Masalah Keuangan yang Anda Harus Bahas dengan Pasangan ] antara lain rumah baru, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan anak, bila Anda ingin langsung memiliki anak setelah menikah.
 

Berikut beberapa ciri kalau pasangan Anda bisa diandalkan dalam mengelola keuangan:


1. Punya tabungan atau investasi

Kekasih Anda mungkin royal dalam memberikan hadiah atau kejutan yang membuat Anda bahagia. Tetapi, di balik semua itu dia harus memiliki tabungan pribadi yang selalu diisi dengan rutin.


Anda bisa mencari tahu apakah pasangan memiliki investasi yang akan menunjang masa depannya.


Investasi itu bisa berupa tabungan emas, properti atau investasi saham dan reksadana.


Bila ternyata dia memiliki tabungan atau setidaknya sedikit investasi, artinya dia termasuk pengelola keuangan yang baik.


Cara mengetahuinya jelas harus menggunakan strategi. Jangan sampai dia berpikir Anda materialistis karena belum menikah saja sudah bertanya soal keuangan pribadi. 


Cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan menanyakan bank mana yang bagus untuk menabung atau investasi apa yang tepat untuk Anda.


Kalau dia bisa menjelaskan dengan baik, ditambah merekomendasikan beberapa bank karena dia memiliki simpanan uang, berarti pasangan Anda rajin menabung.


2. Tidak sembarangan mengeluarkan uang


Lihat ini beli. Lihat itu beli. Apakah pasangan Anda kerap melakukan hal itu? Nah, itu pertanda kekasih Anda tipe yang sangat boros alias gelap mata bila melihat sesuatu.


Anda bisa melihat kecenderungan ini bila sedang berbelanja atau jalan-jalan di kawasan pertokoan.


Sebaliknya, bila kekasih Anda membeli sesuatu yang benar-benar diperlukan dan selalu menimbang-nimbang sebelumnya, tandanya dia memiliki bakat mengelola uang dan Anda tidak perlu khawatir keuangan keluarga Anda gonjang ganjing karenanya.


Ada baiknya untuk mengurangi pembelian secara impulsif, Anda jauhi dulu jalan-jalan ke mal dan pusat pertokoan.


3. Tidak membuang makanan


Pasangan Anda selalu menghabiskan makanan di piringnya dan tidak pernah menyisakan makanan atau minuman yang dia beli? Atau dia sering menegur Anda untuk menghabiskan roti yang dibeli? Nah itu juga pertanda kekasih Anda adalah orang yang pintar mengelola uang, karena dia menghargai nilai uang dengan menghargai makanan yang sudah dibeli.


4. Cara bergaul


Perhatikan cara bergaul pasangan Anda dengan teman-temannya. Apakah dia selalu mentraktir teman-temannya atau dia yang selalu ditraktir? Di café atau restoran apa biasanya dia berkumpul dengan teman-temannya?


Pasangan yang pandai mengelola uang tidak akan asal-asalan dalam mengeluarkan uang sekedar untuk menaikkan gengsi di depan orang lain.


Kalau memang pasangan Anda tidak memiliki dana untuk mentraktir teman-temannya, maka dia akan mengungkapkannya secara jujur dan tidak memboroskan uang percuma.


5. Menggunakan waktu senggang yang efektif


Cara sederhana lainnya untuk mendeteksi apakah pasangan Anda pandai mengelola uang adalah melihat caranya mengunakan waktu di saat senggang.


Kalau dia lebih suka menghabiskan waktu di rumah menonton national geographic channel ketimbang nongkrong di café atau club setiap malam, itu bisa menjelaskan kalau dia termasuk hati-hati mengeluarkan uang.


Bagaimana tidak, biaya nongkrong di kafetaria cukup mahal. Orang-orang yang mengelola uang dengan baik pasti berpikir panjang sebelum menghabiskan waktunya di sana.


Bukan itu saja, kegiatan ini akan memberikan bonus informasi untuk Anda, bahwa si dia adalah tipikal orang yang akan mendahulukan keluarga ketimbang lainnya.


6. Pandai melihat peluang


Bukan saja sangat hati-hati dalam mengeluarkan uang, pasangan Anda bisa dikatakan pintar mengelola keuangan bila dia bisa melihat peluang usaha atau bisnis yang bisa dikembangkan untuk menambah penghasilan.


Misalnya, dia akan menginvestasikan sejumlah modal untuk usaha marketing secara online milik temannya atau membuka usaha bersama dengan teman-teman masa kuliahnya bila dia rasa menguntungkan.


Jika dia berani berinvestasi setidaknya dia sudah memikirkan dengan matang untung rugi dari mempercayakan uang kepada orang lain.


Mengelola keuangan dengan baik adalah modal bagi kehidupan yang lebih makmur di kemudian hari. Bijaksanalah dalam mengelola keuangan, sebagaimana Anda bijaksana dalam memilih pasangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya