Truk Berjalan Sendiri Tanpa Sopir Segera Diperkenalkan

Truk otonom buatan Daimler.
Sumber :
  • www.jalopnik.com

VIVA.co.id - Baru-baru ini sebuah truk berukuran besar menjadi perhatian warga di Jerman, karena melaju tanpa dikemudikan. Banyak orang pun mengira jika truk itu menyeramkan dan horor.

Namun, setelah diamati dengan seksama, di belakang kemudi ternyata ada seorang sopir. Meski tak memegang setir, sopir tersebut hanya terlihat asyik menikmati internet dari komputer jinjingnya.

Ya, truk ini ternyata adalah mobil pintar yang sedang dikembangkan perusahaan Jerman, Daimler, sebagai kendaraan niaga di masa depan. Menurut Daimler, mobil canggih tanpa perlu dikemudikan itu tak hanya milik kendaraan penumpang saja, namun juga bisa diterapkan pada mobil komersial seperti halnya truk. Demikian dilansir Jalopnik, Rabu 6 Mei 2015.

Menurut Gubernur Nevada Brian Sandoval dan Ketua Daimler Wolfgang Bernhard, truk otonom ini telah nyata, dan siap digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya, truk-truk ini akan terlihat di
jalanan Amerika Serikat.

Sementara berdasarkan data The American Trucking Asotiation, jika truk ini benar beroperasi, pada 2050 mendatang volume kargo yang dapat diangkut bisa tiga kali lipat dari saat ini.

Bus Tanpa Pengemudi Diuji Coba, Nasib Sopir Terancam

Freightliner Just Revealed The First Real Road-Legal Autonomous Big Rig

"Kami akan melakukan revolusi transportasi angkutan jalan dan menciptakan manfaat besar. Kendaraan ini nantinya akan menawarkan berbagai keuntungan bagi setiap pemiliknya," kata Bernhard.

Truk pintar Draimler ini nantinya dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, seperti sirip aerodinamis dan radar yang dapat memindai jalan hingga 250 meter ke depan.

Kendati demikian, truk ini dikatakan tidak bisa dilepas sendiri. Benhard menyatakan jika kendaraan ini masih harus butuh pengawasan manusia.

"Kami konsepkan agar para pengemudi dapat mengurus pemesanan, penanganan, penagihan, dan jadwal masa depan dari kendaraan. Kursi pengemudi sengaja kami buat menjadi kursi kantor atau memutar ke posisi istirahat," terangnya.

"Sopir nantinya hanya akan memantau sistem truk dan campur tangan dalam hal kerusakan."

London Lirik Mobil Tanpa Sopir Milik Google
IED Shiwa konsep.

Perkenalkan, Mobil Keren Tanpa Ada Satu pun Jendela

Mobil masa depan itu IED Shiwa. Dipamerkan di Geneva Motor Show.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016