BPK Dukung Pemerintah Moratorium TKI

Aliansi TKI Menggugat Gelar Aksi di Depan Istana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Cerita TKI Hong Kong Kena COVID-19 Ditelantarkan Majikan
- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendukung pemerintah melakukan moratorium Tenaga Kerja Indonesia (TKI), sebelum adanya jaminan perlindungan buruh migran itu di luar negeri.

Kisah Perjalanan Para TKI Jadi Korban Kerja Paksa di Malaysia

Moratorium ini dianggap penting demi keselamatan para TKI, khususnya yang berada di negara-negara Timur Tengah. Setidaknya, langkah ini harus dilakukan hingga ada perjanjian tertulis dengan negara-negara tersebut.
Sebar Video Majikan Telanjang, TKI di Singapura Dibui 17 Bulan Penjara


"Supaya ada kesepakatan yang bisa menjamin keamanan TKI kita di Timur Tengah," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, Yudi Budiman, di Gedung BPK, Jakarta, Rabu 6 Mei 2015.


Menurut Yudi, sudah menjadi rahasia umum jika keselamatan TKI di Timur Tengah tidak terlindungi dengan baik. "Kami telah merekomendasikan penghentian pengiriman TKI ke Timur Tengah itu sejak kepemimpinan Presiden SBY pada 2011," ungkap Yudi.


Namun, pengurus Pusat Studi Nusantara (Pustara), Iskandar Zulkarnaen, memiliki pandangan lain. Langkah pemerintah menghentikan penempatan TKI sektor informal ke 21 negara di Timur Tengah berpotensi melanggar konstitusi. Sebab, setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.


Iskandar mengatakan, keterbatasan lapangan pekerjaan dalam negeri menjadi alasan TKI untuk bekerja ke luar negeri.


"Makna dan arti pentingnya pekerjaan bagi setiap orang tercermin dalam UUD 1945 Pasal 27 Ayat 2. Karenanya, langkah Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri tersebut justru berpotensi langgar konstitusi," ujar Iskandar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya