MatahariMall Rekrut Mantan Bos Google Indonesia

Rudy Ramawy
Sumber :

VIVA.co.id - Grup Lippo, selaku pemilik dari MatahariMall.com, terus mengisi jajaran direksinya untuk mengerus pasar e-commerce. Kali ini, Grup Lippo menggaet Rudy Ramawy, yang tak lain pernah menjabat sebagai Country Director Google Indonesia.

Di MatahariMall, Rudy akan mengisi posisi Vice Chairman menemani bos MatahariMall saat ini, yaitu Hadi Wenas sebagai Chief Executive Officer (CEO) MatahariMall.

Diketahui, dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu, 6 Mei 2015, sebelum beralih ke pemain baru e-commerce ini, Rudy telah menjabat sebagai Country Director Google Indonesia sejak Januari 2012 hingga Maret 2015.

Dijelaskan, Rudy memulai dan memimpin kegiatan operasional Google di Indonesia untuk membangun pertumbuhan yang pesat, termasuk meluncurkan YouTube Indonesia dan Street View.

E-Commerce 'Bonek' Berambisi Taklukkan Ibu Kota

Sebelum bergabung dengan Google, Rudy merupakan Director of Programming and Production RCTI, sejak tahun 2008 dengan karier awal sebagai Director of Sales and Marketing.

Sebelum menggeluti dunia pekerjaan, Rudy meraih gelar sarjana Teknik Kimia dari Universitas of California, Berkeley, Amerika Serikat. Dengan bekal itu, ia memiliki 20 tahun pengalaman di bidang manajemen strategi serta pemasaran dan penjualan.

Ia memulai kariernya di Procter & Gamble, kemudian berpindah ke industri content/entertainment dengan Sony Music Entertainment Indonesia pada 1997.

Ia juga sempat menjabat sebagai Managing Director Warner Music Malaysia pada 1999, dan kemudian Presiden Direktur Sony Music Entertainment Indonesia dan Regional Marketing Director Asia Tenggara.

Pemain e-Commerce Taruh Harapan ke Kabinet Baru Jokowi

Pada tahun 2005, Rudy pindah ke Axis, sebuah operator telepon selular yang kini diakuisisi XL Axiata. Di sana ia menjabat sebagai Director and Chief Marketing Officer hingga 2008.

Dengan pengalaman kayanya itu, MatahariMall pun jatuh hati kepada Rudy dan kemudian menggaetnya untuk menakhodai MatahariMall di industri belanja online.

Rudy mengatakan di berbagai negara, e-Commerce telah terbukti berkembang sebagai penyetara ekonomi yang paling efektif, yang memberikan kesempatan yang sama bagi perusahaan kecil, menengah, dan besar untuk turut berpartisipasi.

"Dengan harapan penetrasi internet akan melampaui 30 persen tahun ini, Indonesia membutuhkan pasar online yang mampu mengakomodasi aktivitas belanja online lintas daerah. Melihat jejak Grup Lippo sebagai perusahaan ritel multi-format terbesar di Indonesia, MatahariMall percaya diri untuk memberikan nilai tambah bagi ekosistem eCommerce di Indonesia,” ungkap Rudy.

Pengalaman dan rekam jejak Rudy dari berbagai bidang industri merupakan bekal yang sangat berharga untuk ia menjabat sebagai Vice Chairman di MatahariMall.com.

Ia akan membantu Emirsyah Satar, yang pernah menjabat sebagai CEO Garuda Indonesia dan akan segera ditunjuk sebagai Chairman MatahariMall dan Dewan Redaksi Lippo.

“Saya merasa sangat terhormat dapat bekerja sama dengan tim yang luar biasa, yang beranggotakan Emirsyah Satar dan Hadi Wenas. Saya percaya dengan tim yang kami miliki, MatahariMall dapat menjadi perusahaan eCommerce terbesar di Indonesia,” kata Rudy.

Penunjukan Vice Chairman ini didukung oleh John Riady, Direktur Grup Lippo. Diharapkan, dengan digaetnya orang-orang 'kenyang' pengalaman tersebut dapat membawa MatahariMall menjadi pemain baru e-commerce yang diperhitungkan.

“MatahariMall berkomitmen untuk menjadi eCommerce terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara. Kepemimpinan Rudy Ramawy telah teruji, berbekal pengalaman yang luas dan luar biasa, akan berkontribusi terhadap kesuksesan MatahariMall.”

Penunjukan Rudy Ramawy dipandang sebagai langkah penting yang diambil oleh Grup Lippo untuk merealisasikan visi MatahariMall.

Sebulan, Pengunjung Matahari Mal Naik 7 Kali Lipat

Sebelumnya, pada Maret 2015, Lippo mengumumkan penanaman modal sebesar US$500 juta untuk membangun perusahaan eCommerce dengan transaksi penjualan sebesar US$1 miliar – yang terbesar di Indonesia – dan menargetkan untuk menjadi Alibaba (perusahaan e-commerce asal Tiongkok yang mendunia) versi Indonesia. (ase)

Pengguna smartphone

Empat Alasan Bisnis E-Commerce RI Terbesar di Asia

Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar di Asia.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016