Polair Kepri Tangkap Kapal Pencuri BBM

Kapal berbendera Indonesia curi BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Berton Siregar

VIVA.co.id - Polisi Air (Polair) Polda Kepulauan Riau menangkap sebuah kapal tangker MT. Virgo dengan nomor lambung IMO 8835750 di Palembang Sumatera Selatan. Kapal berbendera Indonesia yang ditangkap pada Kamis 30 April tersebut diduga biasa menguras BBM di sekitar perairan Palembang.

"Dari hasil pengembangan, kita diberitahu bahwa kapal MT. Virgo, yang mensuplay BBM ke kapal MT. Urban Success" ujar Made, Kasubdit Gakum (Penegakan Hukum) Satpolair (Satuan Polisi Air) Polda Kepri kepada VIVA.co.id, Selasa 5 Mei 2015.

Penangkapan Kapal MT. Virgo merupakan pengembangan terhadap Kapten kapal MT. Urban Succes GT 740 yang sebelumnya sudah ditangkap di perairan Pulau Lingga, Kepulauan Riau pada Jumat, 24 April 2015 lalu. MT. Urban succes berlayar mengangkut 800 ton BBM untuk dijual ke OPL Singapura.

Salah satu ABK kapal, Ale (56) yang mengaku berasal dari Sulawesi itu mengatakan, selama ini kapal tersebut berlayar di perairan Sekayu Palembang, Sumatera Selatan untuk mencari BBM ilegal. Selanjutnya, MT. Virgo memindahkan isi BBM tersebut ke kapal MT. Urban Success GT 740.

"Saya selama ini hanya di perairan Palembang saja, mas, kalau muatan sudah penuh, baru mindahin muatan ke MT. Urban, yang selanjutnya saya tidak tahu mau dibawa ke mana, itu urusan bos lah, " katanya.

Untuk diketahui, bahwa Kapal MT. Urban Success GT 740 mengangkut BBM jenis Marine Fuel Oil (MFO) sebanyak 151,555 kilo liter, Premium sebanyak 152,355 Kilo liter, Nafta sebanyak 51,484 kilo liter, dan Light Crude Oil sebanyak 341,820 liter.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Kapal MT. Urban Succes yang mengangkut BBM hingga 697,214 kilo liter itu ditangkap karena tidak memiliki Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang hendak menjual BBM ke OPL Singapore.

Kapal MT. Virgo tiba di Batam pada Sabtu 2 Mei 2015 sekitar jam 07.30. Kini Kedua kapal tersebut berada di dermaga Polair Polda Kepri, di Sekupang, Batam. Dua kapal itu tengah menunggu keputusan pengadilan. MT.

Dua kapal berbendera Indonesia itu dijerat pasal 219 ayat 1 jo pasal 323 ayat 1, Undang undang RI no 17 tahun 2008, tentang pelayaran dan atau pasal 53 huruf B, UU RI no 22 tahun 2001, tentang minyak dan gas bumi.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara
Habib Bahar bin Smith

Habib Bahar Ngaku Pernah Didekati Artis Cantik hingga Diajak Menikah: Dia Mau Jadi Istri Kedua

Bahar bin Smith atau Habib Bahar mengungkap dalam kehidupannya ia banyak dikelilingi wanita-wanita cantik. Bahkan, dia mengaku acapkali dilamar atau diminta menjadi suami

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024