Mengapa Tak Ada Mobil Nasional di Pameran Otomotif GIIAS?

Mobil Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun
- Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, diklaim akan menjadi pameran otomotif terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Tak hanya itu, acara otomotif ini siap digelar dengan menghadirkan 23
brand passenger car
Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka
dan tujuh brand heavy commercial
Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016
.

Sejumlah merek otomotif yang telah menyatakan kesiapannya bergabung semuanya datang. Dari merek luar negeri, mulai dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.


Yang menjadi pertanyaan publik, mengapa tidak ada produk otomotif nasional yang turut serta di acara GIIAS tersebut?


Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Noegardjito, menyatakan pameran otomotif GIIAS terbuka untuk semua merek otomotif.


"
Event Organizer
sudah menawarkan ke merek nasional. Seperti merek mobil lainnya," kata Noegardjito kepada wartawan di ICE, BSD, Tangerang, Selasa 5 Mei 2015.


Tak hanya merek otomotif nasional, lanjut Noegardjito, pihak penyelenggara pun telah memberikan pihak Universitas yang telah men-
development
mobil, salah satunya pembuat mobil Matahari.


Sementara itu, menurut
Project Director
GIIAS 2015, Lia Indriasari, Gaikindo pernah mengusulkan jika merek nasional diberikan tempat yang khusus, karena tidak bisa disamakan dengan merek-merek lain.


"Tapi konotasi diberikan tempat khusus itu (ditanggapi) masing-masing orang berbeda-beda," ucapnya.


Lebih lanjut, Lia menegaskan, pihaknya selaku penyelenggara telah memberikan penawaran kepada para mobil nasional seperti laiknya produsen mobil lain. "Tapi belum ada jawaban langsung dari mereka sampai saat ini," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya