Tersangka UPS Alex Usman Diperiksa Hari Ini

Pengadaan UPS di Sekolah
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Ketua DPRD DKI Tampik Pakai Komputer yang Disita Bareskrim
- Kuasa hukum Alex Usman, Erri Rosatria, mengatakan, kliennya akan menjalani pemeriksaan oleh Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Selasa 5 Mei 2015.

Bareskrim Sita Surat yang Dikirim Ahok ke DPRD

"Iya, Hari ini pemeriksaan Pak Alex Usman," tutur Erri, di kompleks Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Ruang Kerja Ketua DPRD DKI Digeledah Polisi Terkait UPS


Kasubdit V Direktorat Tindak Pidana Korupsi, Komisaris Besar Polisi Muhammad Ikram juga membenarkan bahwa tersangka kasus UPS DKI Jakarta Alex Usman dijadwalkan diperiksa sebagai tersangka.


"Iya hari ini pemeriksaan," ujar Ikram melalui pesan singkat kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 5 Mei 2015.


Alex Usman ditangkap kepolisian di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pejabat Kantor Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Selatan itu langsung digiring ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan.


Alex ditangkap atas dugaan korupsi proyek pengadaan
Uninterruptible Power Supply
(UPS) di dalam APBD Perubahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2014. Penyidik telah memanggil Alex tiga kali. Namun, ia tak pernah datang karena alasan kesehatan. Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan tersangka Zaenal Soelaiman, mantan Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat.


Mereka dijerat Pasal 2 dan 3 Undang-undang nomer 31 tahun 1999 tentang pemerantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat kesatu KUHP dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.


Penggelembungan anggaran UPS diketahui saat pembahasan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Perubahan DKI Jakarta 2014. Ada dugaan sejumlah oknum DPRD dan Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat dan Utara terlibat memasukkan anggaran UPS Rp 300 miliar untuk 49 paket ke sejumlah sekolah. Dugaan korupsi tersebut diduga merugikan negara lebih dari Rp 50 miliar.


Saat ini sejumlah anggota DPRD Jakarta sudah mulai diperiksa Bareskrim Polri, di antaranya adalah Wakil Ketua DPRD Jakarta Abraham Lunggana alias Lulung.



     

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya