143 Tenaga Kesehatan Akan Dikirim ke Pelosok Nusantara

Pasien Askes
Sumber :
  • Antara/ Basri Marzuki

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo melepas ratusan tenaga kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat. Tim ini akan diberangkatkan ke daerah terpencil dan perbatasan wilayah Indonesia untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan.

Menurut Jokowi, di Indonesia ini di satu daerah dan daerah lain memang memiliki gap yang sangat tinggi dalam berbagai bidang termasuk soal kesehatan. Misalnya, kata Jokowi, di Pulau Jawa rumah sakit dan puskesmas bertebaran di mana-nama.

Alasan Tubuh Butuh Asupan Antioksidan dari Luar

Namun di wilayah lain, rumah sakit dan puskesmas masih sangat jarang. Hal ini lah yang membuat pemerintah membuat program Nusantara Sehat.

"Saya bangga sekali melihat saudara-saudara mempunyai sebuah tekat kuat. Niat baja, ada yang akan ditempatkan di ujung-ujung, tetapi saya lihat wajah-wajah yang di sini kelihatannya optimistis semuanya. Itu yang kita cari," kata Jokowi dalam pidatonya saat melepas Tim Nusantara Sehat di Istana Negara, Jakarta, Senin 4 Mei 2015.

Tim Nusantara Sehat yang dilepas Jokowi ini adalah tim angkatan pertama. Di mana, ada 143 tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter, bidan, perawat, dan bidang farmasi yang akan dikirim ke 48 kabupaten di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan.

Mereka akan ditempatkan di daerah terpencil itu selama dua tahun. Setelah itu akan ada angkatan baru lagi yang akan menggantikan mereka.

"Awas kalau ada yang balik, saya cek kenapa mereka balik," kata Jokowi berkelakar.

Jokowi mengatakan bahwa di beberapa daerah memang angka kematian ibu dan bayi masih sangat tinggi pada saat melahirkan. Hal ini karena kurangnya tenaga medis yang tersedia.

"Saya ingin ucapkan terima kasih, dengan saudara-saudara dengan sebuah tekad dan niat baik, ingin memberikan pelayanan di mana pun saudara-saudara ditempatkan. Saya kira tadi training-nya juga sudah lebih dari cukup. Dah kayak di 'Kopassus'," ujar dia.

Obesitas Bakal Jadi Faktor Risiko Utama Diabetes
Bawang putih dan susu.

11 Manfaat Menakjubkan Bawang Putih dan Susu

Bawang putih adalah salah satu rempah-rempah yang mudah didapatkan.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016