Ahok Ancam Larang APTB Masuk Jakarta

Ahok di Balai Betawi
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melarang operator-operator moda transportasi Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) untuk mengoperasikan bus-busnya di jalur-jalur
busway
Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan
yang berada di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, hal itu akan dilakukan jika hingga tanggal 5 Juni 2015, operator-operator bus APTB itu masih belum menyatakan kesediaannya untuk bergabung di bawah manajemen PT Transportasi Jakarta.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

"Kalau mau masuk ke Jakarta, ya dia juga harus mau bergabung dengan TransJakarta," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 4 Mei 2015.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Emanuel Kristanto, mengatakan, bila pelarangan itu terlaksana, bus-bus APTB hanya akan diperbolehkan untuk mengangkut penumpang dari terminal keberangkatan yang berada di kotanya masing-masing hingga ke halte busway terluar yang ada di Jakarta.

"Sekarang sedang kami pikirkan caranya supaya perputaran balik bus-bus itu di halte terluar tidak menyebabkan kepadatan lalu lintas di daerah-daerah perbatasan," ujar Emanuel saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Bila Dishubtrans DKI mendapati keberadaan bus-bus APTB yang melanggar pelarangan ini dan masih melintas di jalur-jalur busway di dalam Jakarta, Emanuel mengatakan, Dishubtrans DKI tidak akan segan-segan untuk mencabut izin trayek beroperasi bus yang bersangkutan setelah sebelumnya memberikan peringatan tertulis sebanyak 3 kali.

"Kami kaji aturan teknisnya seperti itu," ujar Emanuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya