Dubes Iran Kunjungi DPD, Berkomitmen Tingkatkan Investasi

Dubes IRAN Valioallah Mohammadi Nasrabadi
Sumber :
  • dokumen pribadi

VIVA.co.id - Pemerintah Iran menekankan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama bilateral di sektor perdagangan dengan Indonesia. Hal ini disampaikan Ketua DPD RI Irman Gusman saat menerima kunjungan Duta Besar Republik Iran untuk Indonesia Valioallah Mohammadi Nasrabadi di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senin, 4 Mei 2015.

Irman menjelaskan, Dubes Mohammadi menyampaikan potensi kerja sama antara Indonesia dan Iran sangat besar, terutama di sektor perdagangan dan investasi. Sifat perdagangan yang saling melengkapi antara Indonesia dan Iran diharapkan dapat semakin meningkatkan hubungan baik yang telah berjalan selama ini.

Irman menyampaikan, dalam sektor perdagangan, Iran memerlukan komoditas pertanian dari Indonesia, seperti kelapa sawit dan teh.

“Jumlah penduduk Indonesia yang besar, merupakan pangsa pasar yang menjanjikan untuk investasi bagi pengusaha Iran. Tidak hanya sektor pertanian, tapi juga perkebunan dan infrastruktur cukup menjanjikan untuk pelaku usaha dari Iran,” ujarnya.

Dubes Mohammadi menjelaskan, pemerintah Iran telah membuka diskusi dengan pelaku usaha swasta di Iran tentang peluang investasi di Indonesia dalam berbagai sektor, mulai dari pertanian hingga infrastruktur.

“Peluang kerja sama antar kedua negara ini perlu ditingkatkan, dan pemerintah Iran telah mendorong pelaku usaha swasta untuk berinvestasi di Indonesia" ujar Irman.

Selain di sektor perdagangan dan investasi, Irman berharap hubungan bilateral antar parlemen juga dapat terjalin dengan baik. Berbagai upaya peningkatan kerja sama seperti komisi bersama antara Iran dan Indonesia perlu dihidupkan kembali.

Irman menilai peningkatan kerja sama antar negara-negara Islam dapat membangun kesatuan dalam upaya memberantas radikalisme. Selain itu, dapat memajukan hubungan antar masyarakat guna menjalin rasa saling pengertian antara masyarakat kedua bangsa.

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah

Ke depannya kedua pihak sepakat untuk mengembangkan kerja sama di bidang riset dan teknologi, pariwisata, kebudayaan, dan pendidikan. (art)

lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016