Pertamina Siapkan Pasokan Gas untuk PLN

Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto
Sumber :

VIVA.co.id - PT Pertamina menyiapkan gas sebanyak 100 mmscfd (juta kaki kubik per hari) untuk pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara. Pertamina akan menyiapkan gas tersebut dari Jambaran, Tiung Biru, dan Cendana.

Ditegaskan Dirut Pertamina, Dwi Soetjipto, dalam acara penandatanganan Head of Agreement (HoA) untuk rencana pasokan gas dalam peluncuran Program Pembangunan Pembangkit 35 ribu MW, Senin 4 Mei 2015.

"Penandatanganan HoA ini merupakan bentuk nyata dukungan Pertamina kepada PLN untuk mewujudkan amanat pemerintah itu," kata Dwi di Jakarta, dikutip dalam keterangannya.

Dwi melanjutkan, setelah penandatanganan HoA itu, Pertamina akan memastikan gas tersebut bisa dialirkan kepada pembangkit BUMN setrum itu. Pertamina mendapatkan alokasi gas dari lapangan Jambaran, Tiung Biru, dan Cendana sebesar 100 mmscfd dengan proyeksi produksi pada 2018.
 
"Alokasi gas tersebut siap untuk dipasok ke pembangkit PLN,” kata dia.

Mantan dirut PT Semen Indonesia Tbk itu mengatakan bahwa Pertamina tengah membangun infrastruktur untuk mendukung jaminan pemenuhan gas untuk PLN. Salah satunya adalah jaringan pipa transmisi dari Gresik ke Semarang.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Infrastruktur tersebut, akan memberikan fleksibilitas pasokan gas untuk pembangkit sesuai dengan kebutuhan PLN, utamanya di Jawa bagian timur. (art)

Pekerja memasang kawat baja sebelum pengujian tower transmisi listrik milik PLN. Foto ilustrasi

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

Sari 34 proyek ada 12 proyek tidak bisa berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016