Lukisan yang Hilang Berkisah tentang Affandi di Italia

Lukisan Affandi "Self Portrait dan His Pipe" yang hilang
Sumber :
  • http://indoartists.com
VIVA.co.id
Tangkal Budaya Asing Lewat Goresan Kanvas
- Lukisan Affandi berjudul "Self Portrait and His Pipe" yang hilang dari pemiliknya, ternyata berkisah tentang Affandi saat dia berada di Italia Selatan.

Mengintip Langkanya Koleksi Perangko Usia Setengah Abad

Ahli lukisan di Museum Affandi, Selarti Venetzia yang juga cucu Affandi, menceritakan ke polisi bahwa lukisan berjudul "Self Portrait and His Pipe" itu bercerita soal Affandi saat pergi ke Italia Selatan sekitar tahun 1950an.
Pencurian Lukisan Affandi Diduga Libatkan Orang Dalam


Dia menceritakan, saat itu Affandi sedang tak punya uang di Italia Selatan. Lalu, kemudian, ia melihat orang memakan kepiting. Padahal, dia tak punya uang dan hanya memiliki rokok. Maka jadilah lukisan itu.


Tapi, Affandi baru melukiskan itu pada 1974. "Makanya kalau dilihat di lukisan ini, Affandi melukis jidatnya ini seperti bentuk kepiting," ucap Kepala Unit I Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Imran Gultom saat menceritakan kembali penjelasan Selarti, Senin 4 Mei 2015.


Akan tetapi, lukisan asli ini lenyap dari tangan pemiliknya pada Mei 2014. Dan hingga kini, polisi masih terus menyelidiki pelaku pencurian lukisan tersebut.


Lukisan potret diri Affandi ini tadinya dimiliki keluarga Widjojo Nitisastro sejak 1974. Widjojo membelinya langsung dari maestro lukisan abstrak itu.


Lukisan itu kemudian diwariskan ke anak satu-satunya Widjojo, Wijaya Laksmi Kusumaningsih (59). Dan Laksmi yakin keluarganya tak pernah menjual lukisan asli itu.


Hingga akhirnya anak Laksmi, Sawitri, yang menyadari itu saat membuka internet. Dia melihat ada lelang lukisan Affandi berjudul sama di Hong Kong pada awal Mei 2014.


Di lelang itu, lukisan tersebut dibanderol US$420,21 ribu atau setara Rp5 milliar. Dan kemudian dibeli oleh kolektor dengan harga Rp9,9 milliar dalam lelang tersebut. Lukisan ini pun hilang dari Indonesia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya