Airbag Pengendara Sepeda Motor, Efektif Tidak?

Airbag untuk pengendara sepeda motor
Sumber :
  • Motorbikewriter
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan paling vital setelah sabuk pengaman tentunya. Tak heran, airbag kini menjadi salah satu komponen utama bagi sebuah produk mobil.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Dinilai sangat efektif ditanamkan di mobil, kini beberapa produsen motor juga mencoba mengembangkan sistem keselamatan ini. Yang jadi pertanyaan, efektifkah airbag bagi pengendara motor?
Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam


Dilansir
Motorbikewriter
, Senin 5 Mei 2015, beberapa produsen motor bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain kini tengah ramai mengadopsi sistem keselamatan ini bagi pemotor.


Salah satunya BMW Motorrad Australia yang menjalin kerja sama dengan perusahaan Dainese. Dua perusahaan ini berkolaborasi untuk mengembangkan rompi kantung udara (airbag).


http://motorbikewriter.com/wp-content/uploads/2015/04/helitle-turtle-airbag-vest-black.jpg


Sebelum BMW, perusahaan motor asal Jepang, Honda juga pernah mengembangkan sistem keselamatan airbag beberapa tahun. Saat itu Honda melengkapi Honda Gold Wing dengan airbag. Sayangnya baru produk ini yang dilengkapi airbag.


Tak ketinggalan Ducati juga ikut merancang sistem keselamatan ini. Namun saat itu Ducati hanya mengembangkan untuk sepeda motor mereka yang beraksi di balapan MotoGP.


Sayangnya terobosan ini juga mendapat tanggapan miring. Banyak kalangan yang menganggap airbag untuk pengguna sepeda motor ini tidak efektif, tidak seperti saat ditanamkan di mobil.


Hal itu semakin diperburuk dengan mahalnya piranti keselamatan yang satu ini baik yang ditanamkan pada sepeda motor maupun lewat rompi atau jaket.


Namun, tanggapan miring itu tak menyurutkan ambisi para produsen motor untuk terus mengembangkan sistem keselamatan airbag ini. Paling tidak untuk mengurangi risiko akibat kecelakaan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya