Warga Swedia Mengaku Pernah Bertemu 3 Pendaki RI yang Hilang

Alma Parahita dan Kadek Andana, suami istri pendaki yang hilang di Nepal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA.co.id - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia dari Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengaku sudah punya petunjuk soal keberadaan tiga pendaki gunung asal Bandung, yang hilang kontak setelah gempa bumi di Nepal pekan lalu. Mereka adalah Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Petunjuk ini, lanjut Iqbal, berasal dari seorang warga Swedia bernama Astrid Bach. Dia mengaku bertemu dengan tiga WNI beberapa hari yang lalu di salah satu pos pendakian Gunung Everest, Dhunce.

Tim evakuasi gabungan kemudian menghubungi Bach untuk memastikan informasi tersebut. "Itu kali pertama saya melihat mereka. Mereka mengatakan akan tinggal di tempat itu pada akhir April lalu," kata Iqbal menirukan kalimat Bach saat dihubungi VIVA.co.id melalui pesan pendek, Minggu 3 Mei 2015. 

Bach dihubungi salah satu dari anggota Taruna Hiking Club (THC), Benjamin Setiabudi. Ketiganya diketahui akan menginap di kaki gunung Everest, yang memiliki ketinggian 3.352 meter di atas permukaan laut.

"Mereka memilih menginap satu malam lagi di Langtang pada 24 April," imbuh Iqbal.

Ini merupakan petunjuk terbaru setelah sebelumnya tim berhasil memperoleh titik koordinat ketiganya dari sinyal ponsel GSM yang mereka bawa ke Nepal. Duta Besar RI untuk Bangladesh dan merangkap Nepal, Iwan Wiranataatmadja mengatakan tidak akan menyerah untuk mencari WNI yang masih dinyatakan hilang di Nepal.

Terlebih lokasi terakhir yang disebut Bach diketahui berada di tempat yang sulit.

"Medan untuk menuju ke lokasi sangat berat. Tetapi, kami tidak akan menyerah dan akan terus melakukan upaya-upaya yang memungkinkan," imbuh Iwan.

Tim pencarian dan evakuasi gabungan berupaya semaksimal mungkin dengan menelusuri jalur darat dan udara. Ketiganya diketahui melakukan kontak terakhir pada 22 April 2015 lalu. Selain itu, mereka juga menyebarkan pamflet dan bertanya kepada warga sekitar jika ada yang melihat ketiganya.

Menurut juru bicara THC, Gyaista Sampurno,.

"Hingga kini kabar ketiganya belum diketahui," ujar Gyaista.

Dalam kontak terakhir, ketiganya mengatakan baru saja menyelesaikan pendakian di Gunung Lantang di kawasan Pegunungan Himalaya. Kini, mereka sedang melakukan pendakian Gunung Yala Peak dengan ketinggian 5.200 meter dan Kaya Kaya Kangga dengan ketinggian 5.800 meter di Pegunungan Himalaya Nepal. (ren)

Pangeran Harry disambut Perawan Nepal

Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan

Salah satu gadis muda ini mengaku bahagia bertemu dengannya.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016