Menteri Anies Sidak Ujian Nasional SMP di Solo

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan, inspeksi mendadak (sidak) Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di Solo, Jawa Tengah, Senin, 4 Mei 2015.

Anies memantau langsung tempat penyimpanan soal UN SMP di Solo yang ditempatkan di SMP Negeri 10, Solo. Anies menyaksikan pembukaan segel oleh salah satu perwakilan guru SMPN Solo, dan memastikan soal yang ada di dalamnya dalam kondisi baik.

Usai sidak, Anies optimistis pelaksanaan UN tingkat SMP dan sederajat tahun ini akan berjalan dengan baik. Meskipun sempat terjadi insiden kebocoran soal pada pelaksanaan UN tingkat SMA di Yogyakarta beberapa waktu lalu, Anies menekankan kepada seluruh siswa pentingnya menjaga integritas.

"Kejujuran dalam mengerjakan soal ujian nasional itu sangat penting. Jika ada yang mengkhianati kejujuran, mereka bukan hanya pembocor UN, tetapi juga mengkhianati ratusan guru," kata Anies.

Selain itu, menurut Anies,  masalah yang terjadi dalam pelaksanaan UN sebenarnya bukan karena banyaknya orang jahat, tapi banyak orang baik yang diam. Anies meminta kepada semua pihak yang melihat ada ketidakjujuran dalam pelaksanaan UN agar segera melapor. "Sehingga bisa diproses secara hukum," ujar dia.

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat dilaksanakan mulai hari ini, Senin, 4 Mei 2015 hingga 7 Mei 2015. Pelaksanaan UN tingkat SMP berlangsung hingga 7 Mei 2015, diikuti 50.515 SMP dan 3,7 juta siswa.

Materi yang akan diujikan antara lain Bahasa Indonesia (Senin, 4 Mei), Matematika (5 Mei), Bahasa Inggris (6 Mei), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada 7 Mei. (art)

Pernyataan Mengejutkan Aurel saat Dihujat Ikut Ujian Paket C

Salahuddin/tvOne Solo

Sejumlah siswa-siswi mengikuti Ujian Nasional.

UN Lancar, Mendikbud Berterima Kasih pada Hacker

Masalah pengaduan UN 2016 turun 50 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016