Gempa Nepal, PKPU Kerahkan 14 Relawan

Tim PKPU terjun evakuasi korban Gempa Nepal
Sumber :
  • PKPU
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Tim Disaster Risk management (DRM) PKPU terus beraktivitas secara rutin dalam keterlibatannya membantu pencarian korban dan pelayanan medis di pengungsian.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Sampai Sabtu, 2 Mei 2015, banyak personel relawan termasuk tim Love for Nepal PKPU yang juga bergabung dalam misi ini berasal dari berbagai negara.
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda


Menurut keterangan tertulis yang diterima
VIVA.co.id,
Minggu, 3 Mei 2015, Tim love for Nepal PKPU tahap pertama saat ini menurunkan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) 5 orang, tim medis 6 orang dan 3 orang relawan lokal. Tim yang beranggotakan 14 orang ini direncanakan akan terus melanjutkan misinya sampai dua pekan pasca gempa yang terjadi 30 April 2015.


Tim PKPU mencatat ada beberapa relawan dari luar Nepal terus berdatangan termasuk tim medis dan SAR dari Italia dan Bulgaria.


Pada kesempatan dalam diskusi terbatas dengan Tim DRM PKPU, mereka meminta penjelasan terbaru tentang situasi paska gempa di wilayah Kathmandu. Relawan dari Eropa itu juga berdiskusi tentang peran yang sudah dilakukan oleh tim selama teribat dalam bantuan.


Sementara relawan dari Malaysia rencananya akan bergabung pada Minggu 3 Mei 2015. Sehari kemudian, bersama tim DRM PKPU akan melanjutkan  aktivitas penilaian dampak gempa dan distribusi logistik.


Gempa susulan yang terjadi dan banyaknya bangunan yang runtuh membuat warga masih khawatir dan memilih mendirikan tenda di luar rumah.  Di samping itu kegiatan ekonomi dibeberapa tempat masih belum pulih. Toko dan pusat perbelanjaan belum sepenuhnya beroperasi.


Dengan situasi seperti ini maka beberapa lokasi yang terdampak khususnya wilayah Kathmandu, Gurkha dan lokasi lainnya masih akan menjadi sasaran operasi para relawan dan tim kemanusiaan PKPU untuk respon tanggap darurat.


"Bahkan masih banyak lokasi yang belum terjangkau oleh bantuan kemanusiaan khususnya di wilayah Gurkha karena kondisi geografis perbukitan, jaringan komunikasi yang terhambat bahkan akses jalan yang terputus," kata Mayin, relawan asal Gurkha dalam perbincangan dengan tim PKPU di Kathmandu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya