Kadin: Tim Ekonomi Jokowi Butuh Penyegaran

Rapat Timwas Century Di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyoroti lemahnya tim ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Jusuf Kalla. kegagalan paling fatal adalah terus meroketnya harga bahan kebutuhan pokok masyarakat saat ini. 

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Bambang Soesatyo, dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id mengatakan, pihaknya mendorong Presiden Jokowi segera melakukan penyegaran, salah satunya dengan perombakan kabinet kerja khususnya menteri-menteri bidang ekonomi. 

Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?
"Reshuffle kabinet yang sudah diagendakan Presiden Joko Widodo sebaiknya dipercepat dengan merombak tim ekonomi kabinet," ujarnya, Minggu 3 Mei 2015. 

Dia menilai, para menteri di bidang ekonomi, tidak bisa mengikuti ritme kerja yang dihendaki Presiden. Tim ekonomi kabinet kerja juga dinilai hanya fokus pada proyek-proyek besar, sehingga kepentingan rakyat akhirnya terabaikan. 

"Selain fokus pada proyek-proyek besar di bidang infrastruktur, tim ekonomi itu secara konsisten harus peduli isu kebutuhan pokok," katanya. 

Ketidakberpihakan pemerintah terhadap rakyat, khususnya di bidang ekonomi kata dia, tercermin dalam kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) yang saat ini dilepas berdasarkan harga keekonomian.

Karena menurutnya, kebijakan itu jelas akan berdampak langsung pada harga bahan pokok dan kebutuhan dasar masyarakat lainnya. 

"Tim ekonomi di kabinet tidak sensitif. Presiden harus menanggung akibat dari kelemahan tim ekonomi itu," tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya