Anggun C Sasmi

Saya Sadar Akan Menuai Kontroversi

Anggun C Sasmi Nikmati Peran Sebagai Juri Asia's Got Talent
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Setiap musisi yang telah mencapai kesuksesan di tingkat lokal, pastinya ingin menuju level lebih tinggi, menjadi penyanyi internasional. Agnes Monica melakukan itu dengan cara merilis album Coke Bottle di Amerika Serikat. Sementara beberapa penyanyi lain, melakukannya dengan melakukan konser tur di negara-negara asing.

Apapun bentuknya, tentu sah-sah saja, ketika ada seniman ingin mendapat kesuksesan lebih tinggi, bukan sekadar popularitas di negeri sendiri. Salah satu penyanyi lokal yang telah berhasil menjejakkan kaki di industri musik internasional adalah Anggun C Sasmi.

Untuk mencapai tangga kesuksesan, wanita kelahiran Jakarta, 29 April 1974 ini, pindah ke Eropa pada 1994. Di sana, Anggun berkenalan dengan banyak musisi dan produser hebat, yang akhirnya bisa menghantar dirinya membuat album internasional.

Snow on The Sahara lalu muncul di tahun 1997, dan distribusi album ini melanglang buana hingga 33 negara di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia. Berbekal suara emas dan lagu-lagunya yang easy listening, album itu sukses besar, hingga menempatkan Anggun sejajar dengan penyanyi-penyanyi besar dunia.

Seketika, namanya diperbincangkan di Amerika Serikat, karena  lagu-lagu Anggun menempati posisi terhormat di berbagai chart tangga lagu di sana. Berbagai penghargaan musik kelas internasional pun menghampiri.

Kini, setelah sukses menjadi salah satu penyanyi dunia, Anggun terlihat masih senang berkontribusi memberi bimbingan bagi penyanyi-penyanyi muda di Indonesia, salah satunya dengan menjadi juri dalam acara musik dan bakat, seperti X-Factor Indonesia dan Indonesia`s Got Talent.

Yang terbaru, ia bahkan didaulat sebagai juri Asia`s Got Talent, di mana ia disandingkan bersama David Foster, Mel C, dan Vanness Wu.

Rabu, 29 April lalu, bertepatan dengan hari ulang tahun Anggun yang ke 41, Viva.co.id berkesempatan melakukan sesi wawancara ekslusif dengan sang Diva. Percakapan ini disiarkan secara online melalui aplikasi Viber public chat.

Karena kebetulan, Anggun adalah salah satu artis dunia yang menggunakan Viber, sebagai medium untuk berinteraksi secara sosial, sehingga ia memiliki ruang chat pribadi bersama penggemarnya di sana.

Pertanyaan-pertanyaan ini, adalah hasil dari kolaborasi tim redaksi dan pembaca VIVA.co.id. Berikut, kutipan dari wawancara seru yang terjadi di dunia maya tersebut:

Mengenal Sosok Pemimpin Tertinggi Negara Iran, Ternyata Bukan Presiden

Halo Anggun, selamat ulang tahun. Kami tahu hari ini adalah hari spesial kamu.

Hai hai, terima kasih VIVA.co.id! Senang rasanya, bisa diwawancara bertepatan dengan hari ultah, ha ha ha. 

Oke Anggun, untuk pertanyaan pertama. Boleh jelaskan alasan mengapa kamu setuju untuk menjadi duta bagi Viber?

Well, …karena aplikasi ini adalah medium yang tepat dan mudah untuk kita menghubungi orang-orang yang dekat di hati. Mereka bisa keluarga, teman, atau penggemar. Di mana saja, kapan saja. Aku suka fungsinya yang ekslusif. Contohnya, aku bisa follow Perdana Menteri India, dan ini sangat menarik.

Meski telah menjadi bintang internasinal, mengapa Anggun masih tertarik menjadi juri untuk acara pencarian bakat?

Untuk Asia`s Got Talent, aku percaya bahwa di Asia ada banyak bakat-bakat terpendam yang bisa kita gali. Sebenarnya mereka layak tampil secara global, hanya ekspos-nya belum sampai.

Makanya, ketika ditawarkan bergabung menjadi juri, tentu aku terima. Apalagi, aku memang datang dari Asia, jadi telah membuktikan sendiri, bahwa sebagai orang Asia, kita bisa kok tampil mendunia.

Lebih menantang mana, menjadi juri Indonesia`s Got Talent atau X-Factor Indonesia?

Ha ha ha, sepertinya tidak bisa disandingkan. Sebab baik Indonesia`s Got Talent, atau Asia`s Got Talent, adalah ajang pencarian bakat bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bukan hanya di bidang musik. Namun juga menari, akrobat, komedi, bahkan terkadang, kemampuan mereka belum teridentifikasi namanya.

Sedangkan kalau di X-Factor Indonesia, benar-benar fokus di musik, di mana itu memang bidang kemampuan aku. Di sana selain menjadi juri, aku juga mentor. Jadi, jika ada kontestan yang aku mentori tersakiti, secara psikologis aku juga terluka.

Karena, meski ini hanya sebuah acara televisi, namun dalam prosesnya, secara pribadi aku betulan terhubung dengan mereka. Itu sebabnya, kadang aku suka stres sendiri, saat mereka akan tampil, ha ha ha.

Boleh bocorkan tentang rencana album selanjutnya? Dan kira-kira ada kejutan apa di karya terbaru ini.

Mmm…album baru ku masih mengusung genre pop, namun kali ini aku ingin sesuatu yang lebih organik. Mau ada nada-nada yang melodius dan ada `cerita` manis di dalamnya.

Buat penggemar di Tanah Air, tenang… karena nanti akan ada satu atau dua lagu, yang aku bawakan dalam bahasa Indonesia. Rencananya, Oktober mendatang album versi Prancisnya rilis.

Apa judul album ini?

Nah itu dia, aku belum memutuskan mau memakai judul apa. Pokoknya, judulnya nanti harus mewakili pikiran dan kepribadian aku saat ini. Karena tahu sendiri deh,…sebagai wanita, kami kadang sering berubah-ubah. 

Dulu saat album Snow on The Sahara muncul, nama Anggun banyak dibicarakan di industri musik Amerika Serikat. Kini dengan persiapan album baru, ada strategi anyar yang akan dilakukan, agar karya ini kembali bergaung di sana?

Dari dulu aku tuh sebenarnya bukan tipikal orang yang `American Dream.` Aku malah lebih cenderung suka Eropa. Aku akui, dulu di 1998 aku beruntung, album itu bisa rilis di lebih 30 negara, termasuk Amerika Serikat.

Jujur senang, namun aku melihat, bahwa musik ku itu…tidak apa ya, …bagaimana aku menyebutnya? Incompatible, dengan musik di sana. Namun begitu, aku tetap bersyukur, karena masih punya pengemar setia di sana. Ini semua berkat bantuan dua temanku, Jevic Joshua dan Elvis James Rivera.

Punya rencana untuk mendaur ulang Snow on The Sahara? Karena banyak penggemar kamu menyukai lagu itu.

Buat aku, lagu itu punya nilai historis yang sakral. Mirip seperti Indonesia punya Monas, atau Prancis punya Menara Eiffel. Jadi buat aku, butuh pertimbangan matang untuk membuat versi daur ulangnya. Namun kalau di atas panggung, aku sering membawakan lagu itu dengan banyak improvisasi.

Kamu sering berduet dengan musisi besar dunia. Masih ada musisi lain yang masih ingin kamu ajak kolaborasi?

David Bowie! Menurut aku dia legenda musisi yang hebat, dan aku tahu, dia suka sekali Indonesia. Aku juga pernah meng-cover lagu dia Life on Mars di album internasional pertama aku. Lalu ada juga Trent Reznor dari Nine Inch Nails. Dia benar-benar musisi jenius!

Banyak fans di Indonesia, ingin Anggun kembali berduet dengan Tantri Kotak. Bahkan ada yang berharap kalian membuat single bersama. Ada komentar?

I love Tantri! Aku penggemar berat suara dia. Baik di atas panggung, maupun di luar panggung dia seniman yang genuine. Tentu dong, bisa berduet dengan tantri kesempatan yang baik, jadi mungkin-mungkin saja.

Buat kamu lebih nyaman mana, tinggal di Indonesia atau Prancis? Dan apa alasannya.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Aku orang Indonesia di setiap denyut nadi dan tarikan napas, dan tentu aku akan selalu mencintai Indonesia selamanya. Namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki di negara indah ini.

Salah satunya, tentang keputusan eksekusi hukuman mati. Aku jelas menentang peredaran narkoba, namun memberi hukuman mati pada seseorang, tidak akan membasmi tindak kriminal itu.

Seperti yang banyak orang tahu, aku adalah Goodwill Ambassador untuk PBB, dan aku telah menandatangani Universal Declaration of Human Rights. Ayat tiganya menyebut, bahwa tidak ada orang yang pantas untuk dihukum mati.

Aku sadar, mungkin pendapat ini akan menuai banyak kontoversi dan komentar buruk di luar sana. Yang jelas, aku menghargai pendapat orang lain, meski opini mereka berbeda.

Intinya, semua orang berhak mengungkapkan pendapat, selama itu dilakukan dengan cara-cara elegan.

Pemain Indonesia U-23 Sedang Down, STY Berharap Suporter Bantu

Jika kamu diminta mengungkapkan kepribadian kamu hanya dalam tiga kata, kira-kira apa saja itu?

Ha ha ha, mudah sekali menjawabnya. Perhatian, toleran, dan lucu! Begitu kata banyak teman, ha ha ha…

Terakhir, ada saran bagi penyanyi muda di Indonesia yang ingin go international seperti Anggun?

Jadi versi terbaik dirimu sendiri, jangan coba meniru orang lain, dan bekerja keras. Itu saja syaratnya.

Oke Anggun, terima kasih atas jawaban-jawaban yang inspiratif. Sekali lagi selamat ulang tahun, sukses selalu.

Terima kasih Viva.co.id! Salam untuk semua yang ada di Indonesia…

Anggun C Sasmi

Mengintip Penampilan Anggun C Sasmi di The Voice Prancis

Anggun mencuri perhatian di Prancis.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016