Pemerintah Beri Insentif Pajak Inovasi, Ini Kata Operator

Sosialisasi melaporkan SPT pajak secara online.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Apple Bangun Tempat Riset Dulu, Baru Jualan di Indonesia
- Rendahnya divisi penelitian dan pengembangan sering disebut sebagai salah satu penyebab lemahnya inovasi berbagai bidang di Indonesia, termasuk bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Tarif Interkoneksi Turun, Pemerintah: Demi Masyarakat

Lemahnya divisi litbang itu ditambah dengan minimnya insentif dari pemerintah atas hasil riset inovasi yang digelar perusahaan. Sementara gagasan insentif pengurangan pajak bagi perusahaan yang berkomitmen menggelar litbang terus digelorakan.
Menkominfo: Permen Interkoneksi Terbit September 2016


Menanggapi hal ini operator menyambut baik gagasan pengurangan pajak. Hal ini dianggap bisa merangsang operator untuk melakukan inovasi. Namun mereka mengaku tanpa ada insentif pun, operator telekomunikasi tetap berinovasi.


"Ada atau tidak pengurangan pajak, kami tetap investasi dengan mencadangkan dana untuk bidik inovasi yang lain lagi," ujar Yessie D. Yosetya, Chief Digital Service Officer XL, dalam Seminar Membangun Kolaborasi Teknologi Mobile dan Industri di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa 28 April 2015.


Dikatakan Yessie, dengan berubahnya industri telekomunikasi, yang mana trafik data kian hari kian membesar, maka perusahaannya terpacu melahirkan inovasi. Salah satunya inovasi yang merangsang peningkatan pemakaian data.


"Kami mencari vertikal baru dengan bisnis yang mendorong peningkatan data. Makanya investasi kami lebih banyak pada digital service," ujar dia.


Hal senada disampaikan Indosat. Mereka mengaku telah mengantisipasi bisnis data. Indosat dikatakan telah menyediakan unit khusus untuk mengelola bisnis digital.


Terkait dengan gagasan pengurangan pajak, jika menggelar inovasi dan penelitian serta pengembangan (litbang), Indosat mengakui fasilitas insentif akan berarti bagi industri.


"Tapi ada atau tidak (pengurangan pajak), memang kondisi industrinya menuntut untuk berinovasi," kata Antonius A. Bermana, Group Head Corporate Planning & Analysis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya