Puluhan Ribu Desa di Indonesia Masih Tertinggal

Petani
Sumber :
  • VIVAnews/D.A. Pitaloka
VIVA.co.id
Menanti 6 Startup Penolong 500 Desa Tertinggal di Indonesia
- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengatakan meski Indonesia sudah puluhan tahun merdeka dan lepas dari tangan penjajah, masih terdapat puluhan ribu desa yang dikatagorikan sebagai desa tertinggal.

Menteri Marwan Pastikan Pendamping Desa Akan Terus Diawasi

"Jumlahnya ada 39 ribu desa dari 74 ribu desa yang ada di Indonesia," ujar Marwan, dalam acara Rembug Nasional di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jakarta, Senin 27 April 2015.
Menteri Desa Targetkan Pelaksanaan 'Desa Terang' Tahun Ini


Jumlah desa yang tertinggal tersebut, kata Marwan, termasuk dalam kategori memprihatinkan. Ini dikarenakan, jika dipresentasekan jumlahnya hampir mencapai 52 persen.


Dengan begitu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bisa diajak kerja sama, agar nantinya ketimpangan sosial di NKRI tidak semakin meluas


"Saya masih minta kerja samanya," kata Marwan.


Menurut Marwan, untuk menciptakan Indonesia menuju tingkat kesejahteraan yang layak, dinilai bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah saja, tapi harus adanya kesadaran berkependudukan, seperti misalnya siap ikut program transmigrasi.


"Itu karena dalam tingkat perekonomian dan sumber daya manusia di Indonesia saat ini banyak terdapat ketidakseimbangan," kata Marwan.


Marwan menuturkan, komitmen yang kuat dan nilai kebersamaan dinilai bisa mengatasi permasalah desa-desa tertinggal ini.


"Semuanya, pihak manapun harus berkomitmen dalam masalah ini. Kami juga telah bekerja sama dengan Pak Andrinof Chaniago (Menteri PPN/Bappenas) untuk terus meninjau beberapa kabupaten daerah yang tertingal tersebut," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya