Tak Bersalah, Lee Chong Wei Bebas dari Sanksi Doping

Pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat
VIVA.co.id
Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini
- Mantan pebulutangkis nomor 1 dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, kini bisa bernafas lega. Itu setelah Federasi Badminton Dunia (BWF) membebaskan dia dari kemungkinan sanksi terkait doping.

Dukungan 'Adik Kelas' Beri Motivasi Skuad Ganda Campuran

Chong Wei sebelumnya dinyatakan positif zat dexamethasone pada Kejuaraan Dunia tahun lalu. Zat terlarang ini masuk daftar yang dinyatakan doping meski tidak meningkatkan performa pemain.
Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6


Pria 32 tahun itu nyaris terganjal sanksi selama 2 tahun. Namun, akhirnya dia dinyatakan bisa kembali bermain sejak Jumat pekan ini, 1 Mei 2015, setelah 3 orang panel independen mendengar penjelasannya pada 11 April lalu.


"Panel yakin kalau kasus doping ini tidak ada niat untuk curang. Ini keputusan yang tepat dan adil," ujar BWF, seperti dilansir dari Reuters.


Menurut pernyataan federasi tertinggi bulutangkis dunia tersebut, zat yang mengganjal Chong Wei terdapat dalam kapsul gelatin yang menjadi suplemen makanan yang dimakan pria Malaysia tersebut.


"Sudah jelas saya lega. Saya menerima keputusan ini. Saya akan bangkit kembali dan mungkin akan lebih kuat secara mental di kompetisi berikutnya," ujar Chong Wei berkomentar usai keputusan BWF.


Dengan keputusan ini, Chong Wei akan bisa ikut bermain di Piala Sudirman yang akan berlangsung 10-17 Mei 2015, yang merupakan salah satu kompetisi kualifikasi menuju Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Selain itu, Chong Wei juga kemungkinan besar akan tampil di SEA Games Singapura, bulan depan, sebelum tampil di Kejuaraan Dunia pada Agustus di Jakarta. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya