Indonesia Berduka Ribuan Orang Tewas Akibat Gempa Nepal

Puing-puing bangunan akibat gempa di Nepal
Sumber :
  • REUTERS/Navesh Chitrakar
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Pemerintah Indonesia mengucapkan turut berduka atas jatuhnya ribuan korban jiwa akibat gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter yang terjadi pada Sabtu sore di Nepal. Menurut informasi, akibat gempa tersebut menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Demikian ungkap Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis yang diterima
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda
VIVA.co.id pada Minggu 26 April 2015. Sebagai negara yang rawan bencana, Indonesia akan memberikan bantuan dan dukungan kepada rakyat Nepal.


"Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Luar Negeri RI untuk berkoordinasi mengirimkan bantuan dari Indonesia sesuai dengan kebutuhan di Nepal yakni berupa tenaga medis, bantuan SAR, makanan siap saji, selimut, tenda dan obat-obatan," papar Kemlu.


Pemerintah RI, Kemlu melanjutkan terus berkoordinasi dan komunikasi dengan KBRI Dhaka, Konsul Kehormatan RI di Kathmandu, serta berbagai pihak terkait informasi keberadaan WNI di Nepal.


"Dari data yang ada, sekitar 18 orang WNI menetap di Nepal dan sekitar 31 WNI tercatat tengah melakukan kunjungan, baik sebagai turis maupun kegiatan resmi. Sehingga, total ada 39 WNI yang berada di Nepal," kata Kemlu.


Dari 39 WNI itu, 17 orang di antaranya berhasil dihubungi dan dalam keadaan baik. Menurut informasi yang diperoleh
VIVA.co.id
, sebagian besar WNI yang berkunjung ke Nepal karena mereka ingin mendaki Gunung Everest.


Situasi saat ini yang sedang terjadi di Nepal, Kemlu menjelaskan, sulit menghubungi ponsel lantaran komunikasi tidak stabil. Bagi masyarakat yang memiliki keluarga, atau teman WNI yang berada di Nepal, bisa menyampaikan informasi kepada
Hernawan Bagaskoro Abid
, Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu di nomor kontak
081284794696
atau di nomor
(021)3813186
.


Selain Indonesia, negara tetangga Nepal, India turut mengirimkan bantuan berupa 285 pasukan tanggap bencana nasional. Sementara itu, militer Pakistan mengirimkan empat pesawat jenis C-130.


Di dalamnya, mereka mengangkut 30 tempat tidur untuk rumah sakit, tim pencari dan penyelamat, serta pasokan bantuan kemanusiaan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya