Jokowi: RI Siap Kirimkan Bantuan ke Nepal

Jokowi Bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Indonesia siap memberikan bantuan untuk negara Nepal, yang baru saja dilanda bencana gempa berkekuatan besar.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

"Kami baru sampaikan ke Kementerian Luar Negeri, kalau Indonesia siap membantu," ujarnya, di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Minggu 26 April 2015.
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda


Seperti diketahui, dua gelombang gempa berkekuatan 7,8 dan 6,6 skala richter (SR) mengguncang Nepal pada Sabtu 25 April 2015 siang. Negara kecil tersebut, langsung luluh lantak akibat pergerakan bumi tersebut.


Dilansir
Fox News
, gempa berkekuatan besar yang melanda Nepal menewaskan ribuan orang. Gempa Nepal merupakan yang terburuk di Asia Selatan, sepanjang 80 tahun terakhir.


Setidaknya, 1.394 jiwa melayang akibat fenomena pergerakan tanah ini. Korban 34 jiwa juga jatuh di India, 10 korban jiwa di Tibet, dan dua korban jiwa di Bangladesh.


Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal, memastikan bahwa 17 orang dari 34 WNI yang tengah berada di Nepal, dipastikan selamat dan tidak menjadi korban gempa itu.


Ditegaskan Iqbal, melalui keterangan tertulis yang diterima
VIVA.co.id
pada Minggu 26 April 2015, dari data yang dia peroleh, total terdapat 34 WNI yang diketahui tengah menetap dan berkunjung ke Nepal.


"Terdapat 18 WNI yang menetap di Nepal, dan 16 orang yang sedang melakukan kunjungan ke Nepal, termasuk di antaranya sejumlah WNI yang sedang melakukan pendakian ke Gunung Everest," tutur Iqbal. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya