Esemka Didekati Hendropriyono, Garasindo Mundur Teratur

Mobil Murah Produk Esemka
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Keinginan PT Garansindo Inter Global menanamkan investasi sebesar Rp100 miliar terhadap PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) kandas. Hal ini dikarenakan Esemka telah memilih mitra lain sebagai investor mereka.

Miris, Nasib Mobil Off-road Buatan Indonesia

Investor lain yang dimaksud Garasindo adalah PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL), perusahaan milik AM Hendropriyono, mantan Kepala Badan Intelijen Negara.

Kerja sama Esemka dengan ACL ini ditandai dengan pendirian PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE). Enggan berhadapan dengan perusahaan milik Hendropriyono itu, pihak Garasindo akhirnya memilih mundur teratur.

"Pak Hendro sudah mengatakan bahwa Esemka milik mereka, dan hal itu dibenarkan Esemka. Saya akui Pak Hendro punya misi yang cukup tinggi sehingga saya lebih baik mencari yang lain," kata CEO PT Garasindo Inter Global, Muhammad Al Abdullah, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu 25 April 2015.

Pabrik Dibangun, Jokowi Ingin Esemka Cepat Dijual Massal

Masih menurut Abdullah, pihaknya tetap berkeinginan untuk menciptakan mobil nasional meski harapannya dengan Esemka telah kandas. Sebelumnya, Garansindo memang berniat untuk menyuntikkan dana segar bagi Esemka demi terwujudnya proyek mobil nasional.

"Saya sempat kaget, karena kami sudah melakukan komunikasi dengan Esemka. Tapi, pihak Esemka masih belum memberikan konfirmasi terkait hal ini, dan tiba-tiba berita ini muncul tanpa ada pemberitahuan atau konfirmasi ke kami," lanjut Abdullah.

Esemka Siap Produksi Massal, Investasinya Triliunan Rupiah

Namun, sekali lagi, Abdullah menegaskan pihaknya tidak akan menyerah untuk terus mengembangkan mobil nasional. Terlebih dengan banyaknya potensi anak negeri dan begitu besarnya ambisi masyarakat untuk memiliki mobil nasional. (one)

Mobil Komodo. Foto: Dian Tami/VIVA.co.id

Dijual Rp80 Jutaan, Mobil Buatan Indonesia Terbilang Murah

Mobil bernama Komodo ini dibuat di Cimahi, Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2016