Politisi Hanura Minta Menteri Jonan Mundur

61 Penerbangan dari 5 Maskapai Langgar Izin Rute Terbang
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ketua DPP Partai Hanura, Miryam S Haryani, meminta Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, bertindak tegas soal keamanan penerbangan di Indonesia. Jika tidak, lebih baik mundur atau di reshuffle saja.

Hal itu dikatakan Miryam menyusul insiden seorang anggota TNI yang 'bercanda' dengan menyebut tasnya berisi bom dalam suatu penerbangan Lion Air beberapa waktu silam.

"Kejadian yang berulang-ulang ini juga menjadi peringatan keras buat Kemenhub untuk segera merevitalisasi persoalan keamanan transportasi, baik darat, udara maupun laut," kata Miryam, di gedung DPR, Jakarta, Jumat 24 April 2015.

Dia mengatakan, jangan dibiarkan peristiwa teror terjadi terus menerus. Agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Kalau memang Menteri Perhubungan tidak sanggup mengatasi kejadian seperti ini lebih baik mengajukan pengunduran diri saja kepada presiden. Langkah ini jauh lebih ksatria daripada menunggu di-reshuffle," kata Ketua Umum Srikandi Hanura ini.

Terkait insiden anggota TNI, yang dengan santai menyebut tasnya berisi bom itu, Miryam menilai negara dibuat tidak punya wibawa. Apalagi, itu dilakukan oleh aparat keamanan yang seharusnya menjadi garda terdepan keamanan negara.

"Kita lihat bagaimana seorang anggota TNI AL dengan santainya melakukan 'teror' terhadap petugas bandara Soekarno-Hatta dan seluruh penumpang pesawat Lion Air JT 250 rute Jakarta-Padang dengan mengaku bahwa dia sedang membawa bom," kata Bendahara Fraksi Hanura DPR ini.

Sebagai anggota Komisi V DPR yang membidangi perhubungan, Miryam menilai perbuatan ini sungguh sangat tidak patut ditunjukkan oleh oknum TNI.

Menurut dia, ini adalah tindakan yang kekanak-kanakan, dan menyebabkan agenda banyak orang menjadi kacau balau.

"Korps TNI khususnya Angkatan Laut harus mengusut tuntas perilaku indisipliner anggotanya ini, apabila dibiarkan tentu akan jadi preseden buruh bagi penegakan hukum dan disiplin di Indonesia," katanya.

Ini Bisik-bisik Jonan ke Menhub Baru

Menurut dia, pihak keamanan bandara juga harus berani lebih tegas terhadap setiap oknum, yang berusaha menganggu kelancaran dan keamanan penerbangan setiap maskapai.

"Tidak perlu takut terhadap pangkat dan jabatannya jika memang orang tersebut salah," kata Miryam. (ren)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Jadi Menhub, Budi Akan Tetap Minta Petunjuk Jonan

Jonan sosok mentor dan tepat memberikan arahan.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016