Jalan Ditutup Saat KAA, Ini Risiko Penumpang TransJakarta

Bus Baru Transjakarta Bermasalah
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Imbas Demo 4 November, TransJakarta Perpendek Rute
- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup beberapa ruas jalan protokol utama di Jakarta, Rabu, 22 April 2015, untuk mempersiapkan jalan bagi delegasi peserta Konferensi Asia Afrika. Terkait hal tersebut, PT Transportasi Jakarta belum memiliki rencana untuk menghentikan operasional moda transportasi bus Transjakarta. 

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Antonius Kosasih. "Untuk sementara TransJakarta kami proyeksikan beroperasi secara normal," ujar Kosasih saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Selasa, 21 April 2015.

Final Piala Bhayangkara, TransJakarta Siapkan 60 Bus Gandeng

Kendati demikian, Kosasih mengatakan, pada saat pelaksanaan KAA, esok hari, PT Transportasi Jakarta akan menyesuaikan operasional TransJakarta dengan rencana pengaturan lalu lintas yang akan dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. 

Adapun Ditlantas, kata Kosasih, berencana untuk melakukan penutupan jalan secara situasional sebagai tindakan sterilisasi jalan agar bisa dilalui oleh delegasi peserta konferensi tanpa hambatan sama sekali.

Halte TransJakarta Dukuh Atas Arah Blok M Ditutup Sementara

"Artinya tidak ditutup sepanjang waktu, tetapi jika dibutuhkan, Ditlantas akan melakukan penutupan," ujar Kosasih.

Penutupan itu, kata Kosasih, bisa terjadi sewaktu-waktu, dan satu kali penutupan, bisa memiliki durasi antara 20 hingga 30 menit, sesuai waktu yang dibutuhkan untuk jalanan agar tetap steril.

"Berarti ada risiko penumpang TransJakarta bisa tertahan di bus jika penutupan dilakukan saat bus sudah berjalan. Penumpang juga memiliki risiko tertahan di halte bus saat penutupan dilakukan," ujar Kosasih.

Kosasih mengatakan PT Transportasi Jakarta tidak mengharapkan hal seperti itu terjadi. Namun, jika sterilisasi memang diperlukan, kata Kosasih, maka PT Transportasi Jakarta akan selalu mengikuti arahan dari Ditlantas Polda Metro Jaya.

Hal ini akan dilakukan demi lancarnya pelaksanaan peringatan penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika yang dihadiri oleh delegasi dari 109 negara dan perwakilan dari 42 organisasi internasional.

"Terkait hal tersebut, kami akan selalu mengikuti arahan dari Ditlantas dan perkembangan situasi di lapangan," ujar Kosasih. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya