Polri Belum Konfirmasi Budi Gunawan Calon Wakapolri

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan.
Sumber :
  • Syaefullah/Jakarta
VIVA.co.id
Budi Waseso Mengaku Jadi 'Anak Emas' Budi Gunawan
- Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jendral Polsi, Anton Charliyan mengaku belum mengetahui calon Wakapolri baru. Menurutnya, penunjukkan calon wakapolri tidak adalah urusan internal lembaga.

Komjen Budi Gunawan Bagi-bagi Bingkisan di Car Free Night

"Sampai hari ini belum dapat konfirmasi, belum bisa berikan keterangan," ujar Anton, di Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa 21 April 2015.
Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun


Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti berjanji akan menyeleksi calon wakapolri. Nama kandidat akan digodok dalam rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan tinggi (Wanjakti). Rencananya hari ini Wanjakti akan menggelar rapat terkait penetapan calon wakapolri.


"Walaupun muncul nama (Wakapolri) sangat rahasia. Enggak bisa diumumkan, bersifat rahasia. Kita tahu setelah diumumkan, anggota dewan pertimbangan enggak boleh bocorkan," ujarnya.


Anton mengatakan, selama proses tersebut tidak boleh ada intervensi dari luar institusi kepolisian. Sehingga keputusan yang diambil polisi berjalan baik.


"Mohon hormati semua pihak. Saya kira selama ini demikian, karena karir di kepolisian itu enggak perlu ada masukan dari luar. Itu urusan rumah tangga, sesuai prosedur. Di luar boleh mengasih masukan tapi enggak boleh ikut campur," kata Anton.


Sebelumnya, Ketua Presedium  Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, Komjen Budi Gunawan sebagai calon Wakapolri. Dikabarkan nama Budi Gunawan sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.


Menurut Neta, usulan Budi Gunawan merupakan hasil kesepakatan Wanjakti Polri yang dihadiri sejumlah perwira tinggi berpangkat komisaris jenderal dan inspektur jenderal serta para kepolisian daerah pada beberpa waktu lalu.




![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya