KAI Siapkan 15 Kereta Api Tambahan Saat Lebaran

Reservasi tiket mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan, sudah menyediakan kereta api (KA) tambahan sebanyak 15 buah untuk memfasilitasi para pemudik saat hari raya Idul Fitri 2015.

Tarif Delapan Kereta Ekonomi Turun

Untuk diketahui, ke-15 kereta tambahan ini dipersiapkan karena sebelumnya tiket KA reguler untuk mudik Lebaran tahun ini sudah habis terjual sejak 11 April 2015.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, dengan adanya kereta tambahan ini, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tak khawatir, tidak bisa mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Tiket kereta tambahan ini juga nanti dijual H-60 Lebaran, atau 18 Mei 2015. Dan, kereta tambahan itu bisa mengangkut 18.760 penumpang per harinya," ujar Edi di kantornya, Jakarta, Selasa 21 April 2015.

Edi juga menjelaskan, dalam melayani kebutuhan pemudik semasa menjelang Lebaran, pihaknya akan menyediakan dua KA per hari untuk kendaraan bermotor. Itu, dilakukan pada H-6 Lebaran

Selain itu, lanjutnya, dari 15 KA tambahan yang disediakan tersebut, antara lain untuk kelas ekonomi sebanyak tujuh KA, kelas bisnis sebanyak tujuh KA dan ekonomi non PSO hanya satu KA.

"Ini untuk mempermudah saudara kita yang ingin rayakan Idul Fitri di daerah," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, KA tambahan itu mulai beroperasi H-10 hingga H+10 Lebaran. Nantinya, kereta-kereta api tambahan ini banyak difokuskan di rute-rute dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kita juga di tahun mudik ini, sudah siap sediakan sebanyak 340 kereta untuk seluruh perjalanan," tegasnya.

Sehingga, dengan disediakannya 340 KA saat mudik 2015 ini, dipastikan volume kuota kereta api naik 16 persen dari tahun 2014.

"Karena tahun lalu kita paling banyak siapkan sebanyak 293 kereta," tambah Edi.

Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia

Jelang Libur Panjang, Tiket Kereta Sisa 30 Persen

Untuk keberangkatan 24 Maret 2016 tiket hampir habis.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016