Skenario Aklamasi SBY Dinilai Hancurkan Demokrat

Ketua DPR Marzuki Alie dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • Setpres/ Abror Rizki
VIVA.co.id -
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi
Politisi senior Partai Demokrat, Marzuki Alie, menganggap dukungan mayoritas pengurus Partai Demokrat di daerah agar Susilo Bambang Yudhoyono menjadi ketua umum partai, banyak yang direkayasa. Menurutnya, dukungan itu hanya klaim dari pengurus pusat yang memanfaatkan jabatannya untuk mendorong SBY.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

"Kalau dukungan itu murni, saya pastikan saya akan dukung SBY juga. Tapi laporan dari daerah dukungan itu dikondisikan elite DPP yang menggunakan jabatannya sebagai pengurus," kata Marzuki, saat dihubungi, Selasa 21 April 2015.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon


Sejumlah elite Demokrat mewacanakan aklamasi terhadap SBY dalam Kongres Partai Demokrat yang dijadwalkan berlangsung pada 11-13 Mei 2015 ini di Surabaya, Jawa Timur.


"Ini memprihatikan sekali," ujar Ketua DPR 2009-2014 itu.


Marzuki menegaskan bahwa cara-cara sejumlah elite Partai Demokrat yang memaksakan SBY itu justru menghancurkan partai itu sendiri. Dia yang era Ketua Umum Hadi Utomo menjabat sebagai sekretaris jenderal ini menilai Partai Demokrat tercederai dengan ulah elite partai berlambang bintang mercy tersebut.


"Partai yang berpolitik bersih, cerdas, santun dan demokratis menjadi tercederai," imbuhnya.


Marzuki, yang juga dekat dengan SBY itu yakin kalau upaya aklamasi dan mendepak pimpinan daerah yang enggan mendukung skenario itu justru di luar kendali SBY sendiri.


"Saya yakin SBY tidak memerintahkan, tapi elite di sekitar yang tidak memahami jati diri Partai Demokrat telah merusak nama Demokrat dan nama SBY yang selalu berpolitik sesuai jati diri Partai Demokrat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya