Algoritma Baru Google, Viva.co.id Lolos Uji Mobile-Friendly

Hasil uji coba mobile friendly Viva.co.id
Sumber :
  • google

VIVA.co.id - Hampir setiap tahunnya Google selalu membuat inovasi dalam mesin pencariannya. Setelah menerapkan algoritma Panda, Penguin dan Hammingbird, Google Search kembali memiliki algoritma baru yang diklaim akan lebih mobile-friendly.

Diketahui, Google sendiri menyediakan halaman khusus untuk memudahkan pengguna melakukan pengujian untuk mengetahui seberapa ramah sebuah situs saat ditampilkan di smartphone. Tinggal masukkan link, maka Google akan melakukan analisa secara otomatis.

Saat menguji mobile-friendliness situs Viva.co.id, Google memberikan hasil 'Awesome' untuk tampilan mobile portal ternama di Indonesia yang berkantor di Pulogadung, Jakarta Timur ini.

"Awesome! This page is mobile-friendly," tulis Google dalam halaman tersebut.

Dijelaskan pihak konsultan digital aplikasi web dan mobile, Suitmedia,  algoritma baru Google ini akan sangat berpihak pada semua situs yang ramah tampilan smartphone-nya.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

Pasalnya, tujuan dari update ini adalah untuk memudahkan para pengguna mobile phone dalam melakukan pencarian di mesin Google sehingga situs dapat dilihat dalam tampilan mobile.

"Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para praktisi SEO untuk mengoptimalisasi tampilan dan menyesuaikan website-nya agar bisa diterima oleh algoritma Google mobile-friendliness," ujar CTO Suitmedia, Anggriawan Sugianto, dalam keterangannya, Selasa 21 April 2015.

Dia menjelaskan, ada dua pihak yang akan mendapatkan manfaat dari perubahan algoritma ini.

Pertama, pengguna search engine akan mendapatkan user experience yang lebih baik ketika menggunakan piranti mobile, karena situs yang akan direkomendasikan oleh Google sudah dioptimasi untuk piranti mobile.

Riwayat Blunder Google, Hapus Palestina Sampai Area India

Kedua, pemilik situs yang sudah mobile-friendly akan mendapati kenaikan ranking untuk keyword-keyword yang terkait dengan kontennya.

"Pihak yang akan dirugikan dengan algoritma baru Google ini adalah pemilik situs-situs yang belum melakukan optimasi untuk layar smartphone (mobile)," katanya.

Untuk memastikan jika sebuah situs sudah mobile-friendly atau tidak, lakukan pengecekan secara manual dari source code situs, atau menggunakan tool Mobile-Friendly Test dan Mobile Usability Report dari Google di sini. (ase)

Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016