BNI dan BRI Kantongi Peringkat idAAA Berprospek Stabil

Sumber :
  • http://commons.wikimedia.org
VIVA.co.id
Tampung Tax Amnesty, BNI Pikirkan Lepas Saham Syariah
- PT Pemeringkat Efek Indonesia Tbk (Pefindo) menegaskan peringkat PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) di peringkat idAAA dengan prospek peringkat stabil.

BNI Salurkan Kredit Rp326,7 Triliun Selama Tiga Bulan

Analis Pefindo, Gary Hanniffy, Selasa 21 April 2015, menyampaikan bahwa peringkat BNI ini mencerminkan status bank, posisi bank yang sangat kuat, dan likuiditas yang baik. Peringkat tersebut, sangat penting bagi pemerintah Indonesia sebagai pemegang saham pengendali.
Laba Bersih BNI Kuartal I Naik Tipis


"Kekuatan ini sebagian diimbangi oleh meningkatnya persaingan di industri," ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.


Sementara itu, analis Pefindo Danan Dito, mengatakan untuk BRI, menggunakan indikator pemeringkat yang sama seperti BNI. Namun, pemeringkat tersebut dibatasi oleh kompetisi yang ketat di segmen kredit mikro.


"Prospek BRI dapat diturunkan, jika menurunnya dukungan material dari pemegang saham yaitu pemerintah," tuturnya.


BRI merupakan bank komersial milik pemerintah yang berfokus pada kredit mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pada akhir Desember 2014, saham perseroan dimiliki oleh pemerintah sebesar 56,75 persen dan masyarakat sebanyak 43,25 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya