Petik Genjer, Mak Jatis Bertahan Hidup dengan uang Rp15 Ribu

Tuminem atau Mak Jatis saat mengambil genjer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herliyanto

VIVA.co.id - Demi bertahan hidup, seorang janda renta berusia 86 tahun, warga Desa Pulau Panggung, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara, menjadi pencari genjer. Pendapatannya pun hanya Rp15 ribu per minggu.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Sosok Kartini bernama Tuminem yang akrab dipanggil Mak Jatis ini kini hidup sebatang kara. Kesehariannya, untuk mendapatkan daun genjer, Mak Jatis harus turun ke sawah dan kolam-kolam milik warga atau ke sungai dengan berbagai risiko. Tak jarang binatang berbahaya seperti ular dan lintah kerap kali ditemuinya.
 
Meski tak banyak yang Mak Jatis peroleh, karena keterbatasan tenaga. Helai demi helai batang genjer, ia petik dengan harapan laku dijual agar dapat membeli beras. Warga sekitar yang iba melihat kondisi Mak Jatis hanya dapat membatu menujukan di mana lokasi rumpunan genjer berada.

Mak jatis mengaku dalam sehari dirinya hanya mampu mendapatkan 15 sampai 20 ikat daun genjer dan dijual dengan harga Rp500 hingga Rp1.000 per ikatnya.

Meski niat hati ingin memetik genjer lebih banyak, namun tenaganya sudah tidak mampu lagi. "Saya cuma mampunya segitu. Tenaga sudah nggak kuat lagi buat cari banyak-banyak genjernya," ujar Mak Jatis, Selasa, 21 April 2015.

Apalagi, selama beberapa waktu ini Mak Jatis mengalami sakit pada tulang, akibat terlalu lama berada di air.

Meski begitu, bagi Mak Jatis, hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan bukanlah hal yang harus diratapi. Dia hanya berupaya agar disisa hidupnya tidak bergantung dan menyusahkan orang lain.


Laporan: Herliyanto/Lampung


Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Empat Manfaat Sayur Genjer dan Nutrisinya

Sayur genjer memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2015