Hitung Mundur Kebangkitan Nokia di Pasar Ponsel

Kantor pusat Nokia
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id - Sejak setahun belakangan, dalam pasar ponsel pintar dunia tak ada nama Nokia. Nama perusahaan yang sempat jaya pada pasar ponsel itu tenggelam seiring dengan akuisisi divisi perangkat Nokia oleh Microsoft pada awal tahun lalu.

Nokia akan Kembali Bikin Smartphone

Produk ponsel pintar hasil kedua perusahaan itu tak lama menyandang brand Nokia, tapi hanya Lumia saja.

Namun tahun depan, Nokia dilaporkan akan bangkit dalam persaingan pasar ponsel pintar. Perusahaan asal Finlandia itu diam-diam merencanakan momentum kebangkitan. Hal itu diyakini orang dekat dan sumber yang dekat internal Nokia, dikutip Re/Code, Senin 20 April 2015.

"Mereka (Nokia) memiliki banyak hal-hal besar dalam pengembangan. Itu meyakinkan saya bahwa Nokia adalah sebuah perusahaan yang tak akan menghilang," kata Richard Kerris, mantan eksekutif Nokia yang masih erat berhubungan dengan perusahaan hingga tahun lalu.

Nokia 'Rayu' Perusahaan Jerman untuk Beli HERE Maps

Sinyal kebangkitan Nokia juga disampaikan sumber lain yang dekat dengan Nokia. Sumber mengatakan bahkan Nokia memiliki sejumlah proyek teknologi ambisius di antaranya pada area virtual reality.

Salah satu modal kebangkitan Nokia adalah divisi Nokia Technologies, salah satu 'harta' yang tersisa dari Nokia sejak akuisisi oleh Microsoft. Sumber mengatakan Nokia Technologies saat ini memiliki lebih dari 10 ribu paten.

Divisi yang terkecil dari Nokia itu beroperasi dalam empat wilayah yaitu Sunnyvale, California (AS) Cambridge (Inggris), serta Espoo dan Tampere (Finlandia).

Divisi ini disebut juga sangat vital di masa kejayaan Nokia. Saat masih belum dibeli Microsoft, Nokia Technologies adalah unit perusahaan yang membantu melahirkan sejumlah teknologi sebelum dibenamkan dalam produk akhir. Termasuk produk Windows Phone dalam beberapa tahun terakhir lahir dari unit ini.

Paska kesepakatan dengan Microsoft pun, dua produk lahir dari Nokia Technologies yaitu program Android, Zlauncher dan tablet Android, N1, yang didesain Nokia namun lisensinya dijual di Tiongkok.

Sumber dekat Nokia menyebutkan, sambil menghormati kontrak dengan Microsoft hingga kuartal ketiga 2016, Nokia tetap menyiapkan langkah kebangkitan. Sumber menyebutkan, begitu kontrak dengan Microsoft berakhir, Nokia sudah siap menggebrak dengan produk baru.

Soal jenis produk kebangkitan, Kerris enggan membeberkan memberikan keterangan spesifik. Mantan eksekutif Nokia itu hanya memberikan bocoran, nanti orang akan terpesona jika melihat produk Nokia muncul di pasar.

Kantor Pusat Nokia di Finlandia.

Bikin 'Smartphone' Lagi, Nokia Cari Kawan Kelas Dunia

Ponsel dengan brand Nokia akan rilis pada awal 2017.

img_title
VIVA.co.id
14 Juli 2015