Tamu VVIP KAA Melintas, Flyover dan JPO Steril

Apel Pasukan Pengamanan Konfrensi Asia Afrika KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Panglima Kodam Jayakarta Mayor Jenderal Agus Sutomo, memastikan 100 persen kesiapan pengamanan jelang peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Jakarta yang dilakukan mulai hari ini, Minggu, 19 April 2015 hingga 24 April mendatang.

Pangdam mengatakan, sebanyak 3.550 personel TNI dari berbagai kesatuan dibantu 4.236 personel kepolisian telah ditempatkan di sejumlah titik rute yang akan dilintasi tamu VVIP. Mulai dari saat kedatangan di Bandara Soekarno-Hatta hingga ke hotel tempat menginap, serta saat menuju lokasi acara Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre (JCC).

"Pengamanannya berlapis. Itu ada tiga lapisan, pasukan stasioner, semi stasioner, dan mobil," kata Agus dalam perbincangan bersama tvOne.

Menurut Agus, pasukan stasioner akan ditempatkan di sejumlah rute yang dilintasi tamu-tamu VVIP. Setiap 100 meter, pasukan TNI-Polri bersenjata akan disiagakan secara berdampingan, termasuk di jembatan layang (flyover) dan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang dilintas delegasi KAA.

"Kami juga siagakan di tempat-tempat kritis, keramaian, seperti perempatan dan menempatkan personel di JPO," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Unggung Cahyono menambahkan, semua jembatan layang dan jembatan penyeberangan orang akan ditutup ketika iring-iringan tamu VVIP melintas.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

"Karena mereka datangnya tidak bersamaan, apalagi tanggal 24 nanti, pagi dan sore di Halim itu setiap satu menit sekali rombongan akan lewat," kata Unggung. (art)

Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015