Hari Ini, Rangkaian 60 Tahun KAA Dimulai

Spandung 60 Tahun Peringatan Konferensi Asia Afrika di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVA.co.id - Hari ini, merupakan hari pertama dimulainya rangkaian kegiatan 60 tahun peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta. Dari informasi yang diperoleh VIVA.co.id, pada hari ini kegiatan akan dimulai dengan menggelar pertemuan tingkat tinggi pejabat setingkat Direktur Jenderal (Senior Official Meeting) yang akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC).

Acara, rencananya dibuka oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi dan membahas mengenai kerja sama negara-negara di kawasan selatan. Sementara itu, selama pertemuan digelar, media tidak diizinkan untuk meliput.

Dalam pertemuan itu, pejabat tinggi dari 109 negara akan membahas mengenai tiga dokumen yang akan dikeluarkan usai pagelaran KAA yakni Pesan Bandung (Bandung Message), upaya untuk mengintegrasikan ulang kemitraan Asia Afrika dan Deklarasi terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Diplomat Fungsi Ekonomi Wakil Tetap RI untuk PBB, New York, Purnomo Chandra mengatakan, ketiga dokumen telah dirampungkan 90 persen ketika dibawa ke Jakarta.

Sebelumnya, ketiga dokumen itu telah dibahas di markas PBB, New York sebelum dibawa ke Jakarta, karena di sana masing-masing negara peserta KAA memiliki perwakilan.

Acara kemudian berlanjut pada Senin, 20 April 2015, yakni pertemuan tingkat menteri (Ministerial Meeting) di lokasi yang sama.

Sementara itu, pada Selasa, 21 April 2015, akan digelar pertemuan tingkat tinggi para pengusaha dari Asia Afrika (AABS). Lebih dari 500 pengusaha dijadwalkan akan menghadiri pertemuan tersebut.

Selain itu, pada Rabu, 22 April 2015 dan Kamis, 23 April 2015, berlangsung pertemun tingkat kepala negara (Leaders Meeting). Pada hari itu, puluhan kepala negara dan pemerintahan di Asia Afrika akan membahas sejumlah permasalahan dengan tema "Penguatan Kerja Sama dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan dan Perdamaian Duniaā€¯.

Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan pidato pembuka pada Rabu mendatang yang disaksikan oleh 34 kepala negara dan delegasi dari 86 negara.

Acara puncak berlangsung di Bandung, pada Jumat, 24 April 2015. Para Kepala Negara akan diterbangkan ke Bandung untuk melakukan napak tilas dari Hotel Savoy tempat mereka menginap menuju ke Gedung Merdeka, lokasi penyelenggaraan KAA tahun 1955 digelar.

Selain agenda pertemuan, Indonesia selaku tuan rumah juga menyiapkan acara sampingan. Yang utama yaitu Karnaval Asia Afrika yang diikuti 100 peserta dari luar. Menurut, Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Intra Kawasan Asia Pasifik Afrika Kemlu Ferdy Piay, total akan ada 20 acara sampingan yang dikoordinasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (art)

Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015