Empat Bandara Siap Sambut Konferensi Asia Afrika

Kantor Angkasa Pura II
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Iqbal
VIVA.co.id
Indonesia Terus Jajaki Penguatan Kerja Sama dengan Afrika
- Empat bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II (AP II) siap menyambut peringatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika ke-60 yang berlangsung pada tahun ini.

Politisi PKS Puji Pidato Presiden Jokowi

Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi, mengatakan sejumlah negara sudah mengkonfirmasi jadwal kedatangannya. Menurut Budi, hingga saat ini, total jumlah penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebanyak lima penerbangan dan ke Bandara Halim Perdanakusuma 18 penerbangan.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta akan menyambut kedatangan para delegasi asing dari 109 negara pada 19 April. Adapun Bandara Internasional Husein Sastranagara, Bandung, akan menyambut pada pada 23 April.

Sementara itu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang disiapkan sebagai lokasi parkir pesawat kenegaraan dari para delegasi apabila diperlukan.

"Kami secara rutin telah berkoordinasi dengan pihak terkait, antara lain Kantor Staf Kepresidenan, TNI, Polri, Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Kota Bandung dan pihak terkait lainnya guna menjamin kelancaran dalam penyambutan di bandara-bandara tersebut," ujar mantan Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, itu dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Sabtu 18 April 2015.

Budi menjelaskan, sebagai bagian dari penyambutan, di Terminal 2 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 19 April akan diadakan pameran seni pop art dan foto-foto koleksi Museum Konferensi Asia-Afrika, serta happening art yang menampilkan seniman lokal dengan kostum dan rias wajah menyerupai tokoh-tokoh pendiri KTT Asia-Afrika.

Para penyewa tempat atau tenant di area komersial, kata dia, juga ikut memeriahkan KTT Asia-Afrika dengan memberikan potongan harga sebesar 10-15 persen khusus untuk produk kerajinan tangan atau handycraft mulai 16-26 April.

Penutupan bandara

Selain itu, di Bandara Husein Sastranegara, para seniman lokal Bandung akan menampilkan pertunjukan Kecaping Suling untuk memperkenalkan musik tradisional kepada para delegasi asing.

Adapun seiring dengan penerbangan VVIP dalam rangka KTT Asia-Afrika, di Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan penyesuaian jadwal penerbangan komersial pada 19-23 April dan 25 April.

Khusus 24 April, bandara dibuka untuk penerbangan sipil pada pukul 05.00-05.30 WIB, lalu ditutup pada 05.30–18.00 WIB, kemudian buka pada 18.00-21.00 WIB dan kembali ditutup pada 21.00 WIB hingga 05.00 WIB pada 25 April.

Dan penutupan untuk penerbangan sipil juga dilakukan di Bandara Internasional Husein Sastranegara pada 23 April pukul 16.00 WIB hingga 24 April pukul 21.00 WIB.

Pidato SBY di KTT Parlemen Asia-Afrika Dipuji

Pembentukan Dewan Bisnis Indonesia-Afrika Masih Berlangsung

Dewan Bisnis akan permudah hubungan dagang RI-Afrika.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016