Geger, Ditemukan Batu Giok Zaman Purba

Batu giok Aceh
Sumber :
  • VIVAnews/Zulfikar Husein
VIVA.co.id
Begini Uniknya Batu Tujuh Warna Milik Janda Cantik
- Satu per satu jenis batu akik mulai ditemukan di Desa Karangsambung, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Kali ini, penambang batu akik digegerkan dengan ditemukannya batu yang diyakini berasal dari zaman purba. Batu yang ditemukan di kawasan cagar alam geologi itu, adalah jenis batu
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery
jadeite atau akrab dikenal dengan sebutan batu giok.

Rudi, seorang penambang yang menemukan batu itu mengatakan, batu jenis giok yang ditemukan para penambang adalah jenis batu langka dan sangat melegenda di wilayah tersebut.


Sebab, menurut Rudi, batu giok itu terakhir kali ditemukan di wilayah itu pada zaman sebelum penjajah Belanda masuk ke Indonesia.


"Dahulu batu giok di daerah sini sudah banyak ditemukan dan dibawa ke negeri China, giok asal Sadang disebut Giok Jawa," ujar Rudi, Kamis, 2 April 2015.


Batu giok dari wilayah ini memiliki ciri khas tersendiri, karena memiliki warna hijau terang dan memiliki serat batu giok yang sangat halus dibandingkan giok dari wilayah lain.


Seorang penambang lainnya bernama Adep Suryana menuturkan, kualitas batu giok di Sadang sudah diakui para pencinta batu. Konon batu giok Sadang memiliki kualitas kedua terbaik di dunia setelah batu giok jenis imperial giok yang ditemukan di China.


"Dari hasil penelitian laboratorium gemologi di Jakarta maupun Yogyakarta giok yang ditemukan di sini masuk kategori
jadeite jade
tipe a, secara mineral kualitas giok jenis ini di atas
nephrite jade
namun masih di bawah imperial jade," ujar Adep.


Adep menyebutkan, karena memiliki kualitas yang baik, batu giok asal Sadang kini menjadi buruan para pencinta batu dari Negeri Panda.


"Banyak kolektor dari China yang datang untuk berburu batu giok di sini," paparnya.


Batu giok asal Sadang memliki tingkat kekersan mencapai 6,5 sampai 7 skala mohs. Adep mengaku, harga batu giok Sadang masih cukup terjangkau. Untuk batu giok
jadeite
kelas a dijual dengan harga Rp1,5 juta per kilogram.


Wahyu Kurniawan - Kebumen

![vivamore="
Baca Juga
:"]




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya