Ahok: Nggak Heran Anggota DPRD Bisa Naik Range Rover

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Ahok, dari Begal APBD hingga 'Legalkan' PSK
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan selama empat tahun kegiatan penganggaran di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jumlah anggaran pokok pikiran (pokir) atau anggaran yang dititipkan oleh oknum DPRD DKI ke APBD DKI telah mencapai Rp40 triliun. Kegiatan seperti itu sudah berlangsung dari tahun 2012 hingga tahun 2015.

"Makanya nggak heran kalau mereka (oknum DPRD) bisa naik mobil Range Rover yang harganya Rp3 miliar sampai Rp4 miliar. Mereka mainnya sudah puluhan triliun," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 16 Maret 2015.

Ahok mengatakan, angka sebesar itu didapatnya dari hasil memasukkan rincian APBD selama empat tahun ke dalam sistem penganggaran elektronik e-budgeting. Usai dimasukkan, maka sistem itu bisa dengan mudah menjumlahkan nilai anggaran tambahan yang pada awalnya tidak diajukan oleh SKPD.

"Makanya dengan sistem baru ini enak banget menyisirnya," kata Ahok.

Ahok mengatakan, modus titip anggaran seperti ini harus dihentikan tahun ini juga. Dengan sistem e-budgeting, ia bertekad anggaran yang disusun oleh Pemprov DKI ke depannya murni usulan SKPD yang telah dibahas dan disetujui DPRD, bukan sebaliknya.

Kalaupun DPRD ingin mengajukan anggarannya sendiri, kata dia, pengajuan anggaran itu harus dilakukan di forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan di tingkat kelurahan.

"Itu pun (di Musrenbang) bukan menitipkan pokir, tapi sama-sama bahas dengan masyarakat. Masyarakat mau butuhnya apa, baru naik ke pembahasan di atas. Jadi nggak ada lagi mereka motong proses pembahasan anggaran di tengah jalan," jelas Ahok. (ase)

Ikut Rapat Banggar, Ahok Cari PNS Penyisip Dana Siluman

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Ahok Bongkar Aksi Nekat Anak Buah Sisipkan Dana Siluman

Penelitian: Ternyata Gaya Ceplas-ceplos Ahok Justru Disukai

Gaya bicara Ahok yang blak-blakan lebih disukai masyarakat

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016