Kantor LSM di Aceh Ditembaki Orang Tak Dikenal

Kantor LSM AU-DEC di Aceh ditembak, Minggu (15/3/2015).
Sumber :
  • Zulfikar Husein/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kantor lembaga swadaya masyarakat, Aceh Utara Development Committee (AU-DEC), ditembaki orang tak dikenal. Peristiwa terjadi Minggu malam, 15 Maret 2015.

Pelaku yang diduga dua orang datang dengan sepeda motor dan menggunakan senjata api laras panjang, langsung menembaki kantor AU-DEC.

Saat terjadi penembakan, kondisi rumah yang dijadikan kantor itu sedang dalam keadaan sepi. Pemilik sedang melaksanakan salat magrib bersama anaknya di masjid.

Di lokasi kejadian terdapat empat lubang bekas tembakan. Pada bagian kaca depan rumah, dua pada dinding di dalam rumah, satu peluru yang tembus dari kaca. Kemudian satu lagi pada dinding luar samping kanan rumah.

Ketua AU-DEC, Ziadi A Zalil, mengatakan berdasarkan saksi mata, pelaku datang menggunakan sepeda motor lalu menembaki kantor organisasinya yang baru di Aceh tersebut.

"Ada saksi yang lihat, katanya dua orang, satu pakai helm satu tidak. Kata saksi yang mendengar cuma ada dua kali suara tembakan,” ujar Ziadi, Senin 16 Maret 2015. 

Ia menambahkan, selama ini pihaknya tidak pernah mendapat ancaman apapun. Hanya saja, ia sering menerima pesan singkat melalui ponsel yang bernada cacian dan makian terhadap organisasi yang dipimpinnya.

Kejanggalan Kasus Ujang Tembak Polisi di Bandung

Berdasarkan data yang dihimpun, selama ini lembaga AU-DEC sering dikaitkan dengan lembaga asal Uruguay, Asociación Uruguaya de Educación Católica (AUDEC). Sebagian masyarakat resah, mereka menganggap AU-DEC memiliki tujuan yang sama dengan AUDEC yang bergerak di bidang pendidikan agama Katolik.

Sejumlah personel kepolisian masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi. Polisi mengamankan barang bukti berupa empat selongsong peluru. (one)

![vivamore="
Rebut Senjata, Ujang Tembaki Dua Polisi Hingga Terkapar
Baca Juga :"]
Begini Kronologi Perampok Tembak Wajah Korban di Bekasi

[/vivamore]
penembakan di markas angkatan laut AS

Penembakan Brutal di Texas, 1 Tewas 3 Luka Parah

Pelaku berhasil kabur. Polisi setempat tengah memburu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2016