Syarat Ekonomi Indonesia Masuk 10 Besar Dunia

Penggunaan Mobile PLIK
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Indonesia saat ini menempati peringkat  ke-16 terbesar di dunia dalam hal perekonomian. Hal itu bisa terus ditingkatkan hingga masuk ke peringkat 10 besar dalam hal perekonomian jika ditopang dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (
Information and Communication Technology/ICT
IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
) yang baik.
Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur Mckinsey & Company, Philia Wibowo saat memaparkan gagasan sektor ICT guna mendorong potensi sosial ekonomi di Indonesia.


Menurutnya, berdasarkan analisis yang dibahas
pada World Economy Forum 2014
, setiap peningkatan penetrasi
broadband
(pita lebar) sebesar 10 persen, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) akan meningkat dari 1,21 persen menjadi 1,38 persen.


"Teknologi Informasi dan Komunikasi seharusnya dijadikan agenda penting nasional untuk menguatkan ekonomi atau sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Philia di Grand Hyatt, Jakarta, Senin, 9 Maret 2015.


Menurutnya, Indonesia tergolong menengah dalam hal kesiapan sektor ICT. Berdasarkan pada World Forum Global Information Technology, Indonesia berada pada urutan ke-64 dari 148 negara dalam faktor kesiapan jaringan. Posisi itu jauh tertinggal dibanding Singapura yang menempati posisi kedua dan Malaysia pada posisi ke-30.


Mestinya, kata dia, Indonesia bisa mencontoh ke beberapa negara yang sudah menerapkan ICT dengan baik dalam berbagai bidang.


"Sebagai contoh, India telah menggunakan ICT di bidang pertanian, jadi produk bisa langsung diketahui melalui sistem
online
. Ini dapat membuat pendapatan petani jauh naik hingga dua kali lipat," ungkapnya.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya